Sponsors Link

9 Cara Menanam Bunga Nusa Indah dengan Stek Batang

Sponsors Link

ads

Bunga nusa indah yang memiliki nama latin Mussaenda pubescens awalnya merupakan taman liar yang tumbuh di semak semak di lereng perbukitan.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman tanaman yang termasuk kedalam family Rubiaceae atau kopi-kopian kini telah menjadi tanaman hias yang cukup difavoritkan seperti juga pada cara menanam bunga foxglove .

Saat ini, kita bisa dengan sangat gampang menemukan tanaman ini baik dipinggir jalan ataupun di pekarangan rumah. Umumnya warna bunga yang sering di tanam adalah merah muda atau putih namun masih banyak juga jenis warna bunga nusa indah yang lainnya.

Selain bunganya indah, tanaman ini juga memiliki khasiat dalam pengobatan herbal sebagaimana pada cara menaman bunga garlic vine dan cara menanam bunga panca warna  .

Bunga nusa indah dipercaya dapat mengobati deman akibat cuaca panas, menegah kanker payudara, mengobati diare, mengobati keracunan makanan dan bronkitis. Semua bagian tanaman ini dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, memiliki tanaman ini di rumah, tentu sekaligus dapat digunakam sebagai tanaman obat. Berikut 9 cara menanam bunga nusa indah dengan stek batang .

1. Menyiapkan Bibit Tanaman

Tahap awal yang harus dilakukan tentunya adalah mempersiapkan bibit tanaman sebagaimana pada cara menanam bunga matahari . Bunga nusa indah merupakan tanaman perdu yang bisa mencapai tinggi 2-3 meter. Memiliki banyak cabang dan dahan. Tanaman ini dapat diperbanyak melalui stek batang.

Untuk mendapatkan bahan stek yang bagus bibit harus memiliki kriteria seperti di bawah ini :

  • Pilih batang tanaman yang berukuran besar namun tidak terlampau tua.
  • Gunakan bahan stek yang berada agak jauh dari tanah atau bagian akar.
  • Pilih bahan stek yang memiliki sejumlah mata tunas.
  • Potong stek batang dengan ukuran 15 cm.
  • Runcingkan bagian dasar tanaman, agar tidak tertukar.
  • Kemudian rendam bahan stek menggunakan larutan fungisida 5 gram/liter selama 10 menit.
  • Setelah itu, oleskan ZPT merangsang pertumbuhan akar.

2. Menanam Bibit Stek

Untuk memudahkan tanaman beradaptasi di lahan, maka dianjurkan untuk menyemai bibit stek batang bunga nusa indah terlebih dahulu seperti pada cara menanam bunga violet . Persemaian ini berguna untuk menumbuhkan  bagian perakaran dari bibit stek. Baru kemudian setelah tanaman cukup umur maka dapat dipindahkan ke lapangan.

Hal ini untuk memperkecil resiko bibit mati saat di tanam dilapangan terutama pada saat masa tanam bertepatan dengan musim kemarau. Berikut tahapan persemaian yang dapat anda lakukan.

  • Persiapkan media tanam dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang.
  • Kemudian setelahnya, masukkan media tanam kedalam polibag berukuran sedang.
  • Setelah itu, siram menggunakan air secukupnya, tambahkan kembalimedia tanam ketika volume media berkurang akibat disiram air.
  • Selanjutnya tanamkan bibit stek kedalam media tanam.
  • Lakukan pemeliharaan berupa penyiraman secara rutin.
  • Setelah 2 minggu bibit akan menunjukkan gejala pertumbujan yakni warna strk yang akan mulai menghijau, dan tumbuhnya beberapa mata tunas daun.
  • Setelah bibit berumur 1 bulan setelah semai, maka tanaman dapat dipindahkan ke lahan.
    Sponsors Link

3. Menyiapkan Lahan Tanam

Sambil menunggu bibit siap ditanam di lahan, maka anda dapat melakukan persiapan lahan tanam yang dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Tentukan lokasi tanaman yang tepat bagi bunga nusa indah seperti pada cara menanam venus fly trap dari biji.
  • Bunga ini merupakan jenis tanaman perdu sehingga sebaiknya tanam dilokasi yang terbuka dan luas.
  • Lokasi tanam juga harus mendapatkan sinar matahari penuh, dekat dengan sumber air, namun tidak tergenang air.
  • Lakukan pengolahan tanah dengan mengemburkan daerah sekitar lokasi tanam.
  • Buat lubang tanam 30×30 cm dengan jaran antar tanaman 1-1,5 meter.
  • Kemudian isikan pupuk kandang kedalam lubang tanam, dan biarkan hingga masa tanam tiba. 
    ads

4. Menanam Bunga Nusa Indah Di Lahan

Setelah lahan tanam dan bibit siap, maka tahap selanjutnya adalah memindahkan bibit untuk di tanam kelapangan seperti pada cara menanam anggrek dengan sabut kelapa .

Sebaiknya penanaman dilakukan pada pagi hari atau sore hari agar tanaman lebih mudah beradaptasi dengan lahan. Berikut tahapan menanam bunga nusa indah di lahan :

  • Pilih bibit yang tumbuh sehat, tidak terkena hama dan penyakit, serta memiliki pertumbuhan yang opimal.
  • Kemudian, buka plastik polibag pembungkus.
  • Atau anda juga bisa mencabut bibit tanaman kemudian menanamnya.
  • Masukkan bibit kedalam lubang tanam, kemudian padatkan daerah sekitar akar.
  • Timbun kembali lubang tanam menggunakan tanah.
  • Setelah tahap penanaman selesai, maka tahap selanjutnya adalah perawatan dan pemeliharaan yang akan dijelaskan pada poin berikutnya.

5. Penyiraman

Perawatan dan pemeliharaan yang harus dilakukan dengan intensif adalah penyiraman. Dianjurkan untuk menyiram tanaman sebanyak 2 kali dalam sehari. Penyiraman dilakukan dengan menyiramkan air ke media tanah.

Setiap 1 minggu sekali lakukan penyiraman dengan menyiramkam air kebagian daun tanaman. Pada saat musim penghujan tiba maka anda tidak perlu lagi melakukan penyiraman. Pastikan bahwa drainase baik, sehingga air bekas siraman tidak akan menggenang.

6. Pemupukan

Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman maka sangat penting dilakukan pemupukan sebagimana pada cara menanam bunga forget me not.

Hal ini dilakukan agar tanamam mendapatkan asupan hara yang cukup sehingga dapat menghasilkan bunga dengan lebat. Pemupukan dapat dilakukan menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik lainnya. Cukup tambahkan 1-2 kg pupuk kesetiap tanaman setiap 3-4 minggu sekali. Atau anda juga dapat memberikan pupuk NPK slow release yang ditaburkan disekitar perakaran tanaman.

7. Pemangkasan

Bunga nusa indah merupakam tanaman yang memiliki jumlah cabang relatif banyak dan dapat tumbuh sangat rimbun. Oleh karenanya sangat penting untuk melakukan pemangkasan. Buang cabang tanaman yang tumbuj terlalu lebat.

Pemangkasan ini juga berguna agar tanaman memiliki bentuk yang menarik. Selain itu juga  dengan pemangkasan maka jumlah daun akan berkurang sehingga tanaman dapat berkonsetrasi dalam pembentukan bunga.

8. Penyiangan

Selain pemangkasan, penyiangan merupakan tahapan perawatan yang harus dilakukan seperti pada cara menanam bunga anyelir . Dalam hal ini penyiangan akan dapat memaksimalkan nutrisi yang diberikan melalui pemupukan dapat diserap oleh tanaman secara optimal.

Penyiangan perlu dilakukan secara rutin minimal 1 bulan sekali. Anda bisa mencabut rumput atau gulma yang tumbuh disekitar tanaman. Anda juga sekaligus dapat melakukan pembersihan terhadap daun dan bunga yang gugur serta cabang atau dahan tanaman yang mati. 

Sponsors Link

9. Saatnya Bunga Nusa Indah Berbunga

Setelah tanaman mencapai pertumbuhan maksimal yakni sekitar umur 1 tahun setelah tanam. Maka tanaman akan mulai menghasilkan bunga seperti pada cara menanam bunga jenger ayam . Jumlah bunga yang dihasilkan akan bertambah seiring dengan lamanya tanaman hidup.

Pada tahap awal memang bunga yang dihasilkan belum terlalu banyak. Namun, dengan pemeliharaan dan perawatan rutin maka jumah bunga yang dihasilkan akan meningkat pada musim selanjutnya.

Setelah brrhasil menghasilkan bunga pertama maka tanaman akan bisa menghasilkan bunga sepanjang waktu sampai dengan tanaman tidak produktif lagi.

Nah, itulah tadi 9 cara menanam bunga nusa indah dengan stek batang. Tentunya sangat layak untuk anda coba di rumah. Tidak perlu memiliki skill khusus, cukup ikuti tahapan yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Selain indah tanaman ini juga cukup banyak manfaatnya.

Sehingga tidak ada ruginya menambahkannya dalam daftar tanaman pengisi taman anda. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Bunga