Sponsors Link

4 Tips dan Cara Menanam Pohon Kelengkeng Supaya Cepat Berbuah

Sponsors Link

Menyirami dan memberikan pupuk secukupnya pada waktu yang telah dijadwalkan pada pohon kelengkeng kesayangan anda, baik di kebun dalam jumlah massal atau banyak maupun di pekarangan rumah anda dengan jumlah yang tidak banyak, bahkan hanya satu jumlahnya, sudah menjadi rutinitas anda hari demi hari. Sembari menunggu buah yang akan tumbuh, berkembang hingga saatnya untuk dipanen atau dipetik, mimpi panen buah kelengkeng yang melimpah ruah dan manis di mulut telah membayang-bayangi tidur anda.

ads

Hari menjadi bulan dan bulan menjadi tahun. Umur pohon kelengkeng yang telah dirawat dengan kasih sayang semakin bertambah dan menua namun buahnya tidak kunjung datang. Apabila benar bertumbuh, jangka waktunya sangat lama dengan jumlah yang tidak banyak atau rasa yang kurang mantap dan bahkan keduanya menjadi ciri khas hasil panen anda dari pohon kelengkeng tersebut. Lalu apa yang harus dilakukan supaya pohon kelengkeng anda cepat berbuah dan tidak hanya itu saja tapi buah tersebut berjumlah banyak dan rasanya pun manis serta nikmat?

Berikut ini merupakan cara-cara unik dan tidak biasa serta yang belum anda coba dalam meningkatkan produktifitas serta kualitas hasil panen pohon kelengkeng tersayang anda, para pembaca,

1. Lakukan Pengecekan Tingkat Kesuburan Tanah!

Layaknya pada penanaman cabai, seseorang harus melakukan pengecekan terhadap jenis tanah untuk menanam cabai yang tepat dan cocok demi mendapatkan hasil panen dengan kualitas dan kuantitas yang diharapkan, pengecekan jenis tanah tersebut juga harus dilakukan bagi penanaman pohon kelengkeng. Sebab pada umumnya pohon kelengkeng telah membawa kecenderungan tinggi untuk menghasilkan buah yang banyak dan manis meskipun tidak diberikan dorongan-dorongan, baik yang bersifat kimiawi maupun fisik, sehingga media tanam dapat menjadi penyebab pohon kelengkeng kerap tidak berbuah.

Memastikan media tanam berupa tanah yang digunakan untuk menanam pohon kelengkeng memiliki tingkat kesuburan yang tinggi dan sesuai untuk penanaman tanaman atau pohon jenis yang satu ini akan menjadi langkah utama yang tepat untuk mendorong pohon kelengkeng untuk kembali memproduksi buah-buah kelengkeh yang melimpah. Tanah yang tidak subur secara otomatis akan menyebabkan sebagian besar pohon kelengkeng yang ditanam di atasnya untuk tidak berproduksi.

2. Gunakan Bahan Pendorong Berbunga Sebagai Bahan Pendorong Berbuah!

Apakah anda mengenal yang disebut sebagai booster di dunia pertanian ataupun bercocok tanam? Pada dasarnya booster merupakan julukan atau nama panggilan yang diberikan kepada bahan-bahan kimia dengan fungsi mempercepat tanaman-tanaman untuk berbunga dalam jangka waktu yang relatif pendek atau lebih cepat dari normal. Bahan kimia tersebut juga biasanya dapat digunakan untuk mendorong proses pembentukan kuncup dan pemekaran bunga bagi tanaman bunga yang jangka waktu berbunganya lebih lama dari normal.

Booster tersebut dapat pula digunakan bagi pohon kelengkeng karena buah kelengkeng pada dasarnya diawali dengan proses kuncup hingga bunga yang kemudian bertumbuh menjadi buah mentah yang lalu matang di pohon. Bahan kimia tersebut dapat menjadi alternatif yang bagus dan utama, selama dan sepanjang digunakan secukupnya, dengan kadar yang tidak berlebihan atau masih wajar sehingga tidak meletakkan beban yang terlalu berat pada pohon kelengkeng tersebut.

Pemberian vitamin atau Booster yang tepat adalah dalam kadar yang cukup dan tidak berlebihan dengan kepedulian yang tinggi seperti ketika menjalankan cara merawat tanaman english ivy yang membutuhkan kesabaran tinggi sehingga mencegah terjadinya pertumbuhannya malah terhambat oleh karena overdosis Booster dalam menerapkan cara menanam Pohon Kelengkeng supaya cepat berbuah. 

Sponsors Link

3. Penyiraman Rutin Secara Manual Maupun Alami

Di musim penghujan dengan curah hujan tinggi, pengaruh air hujan terhadap pohon sejenis pohon kelengkeng merupakan pengaruh yang positif, berbeda dengan pengaruh air hujan terhadap tanaman hidroponik yang merugikan. Kebutuhan pohon kelengkeng terhadap air yang diberikan melalui penyiraman secara rutin sebanyak dua atau tiga kali penyiraman selama satu minggu, akan dapat secara mudah terpenuhi dengan adanya penyiraman secara alami yang rutin.

Pohon kelengkeng memiliki kemampuan bertahan hidup melalui musim-musim yang sulit untuk dilalui oleh sebagian besar tanaman sehingga umur atau jangka waktu pertahanan hidup pohon kelengkeng pun tergolong lama di alam liar sekalipun dengan mengesampingkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi. Tingkat dan unsur-unsur yang terkandung dalam air hujan sangat jarang dapat secara langsung membuat pohon kelengkeng kehilangan kesehatannya dan menjadi terhambat hidupnya karenanya. 

Sponsors Link

4. Jangan Lupakan Pupuk!

Kumpulan bahan biologis yang lembek ketika disentuh atau dalam bentuk cairan keruh serta dengan bau yang tidak sedap mampu menutupi kekurangannya tersebut dengan seribu satu kegunaannya bagi hidup para tanaman. Pupuk telah menjadi teman setia para pencocok tanam ataupun petani yang mengeratkan hubungan antara peternak dengan para pencocok tanam ataupun sesama pencocok tanam yang bertukar resep dan cara membuat pupuk yang sakti.

Tidak hanya mudah untuk diaplikasikan, baik pupuk pada media tanam maupun pupuk yang diberikan dengan panduan cara memberikan pupuk susulan bagi para tanaman-tanaman kesukaan masing-masing petani dan mereka yang berkebun dengan tujuan mendapatkan hasil panen yang semaksimal kerja keras yang telah dituangkan dalam merawat dan menumbuhkan bibit – bibit tanaman tersebut.

Tidak terkecuali dengan pohon kelengkeng, pupuk merupakan faktor penentu yang meskipun tidak diharuskan untuk diaplikasikan namun penggunaannya terhadap pohon buah-buah kecil manis tersebut sangatlah dianjurkan. Selain khasiat nyata yang terlihat langsung pada pertumbuhan pohon terkait dengan produksi buahnya, kemudahannya untuk dibuat sendiri dengan cara membuat pupuk dari ikan busuk serta cara-cara lain yang dapat dicoba di rumah masing-masing, menempatkannya pada salah satu posisi tips dan cara menanam pohon kelengkeng supaya cepat berbuah yang satu ini.

Sekian tips – tips dan cara-cara mudah yang berguna untuk menanam pohon kelengkeng agar dapat menghasilkan buah yang melimpah dan berkualitas dalam waktu yang singkat. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Buah Buahan