Sponsors Link

9 Cara Merawat Bunga Nona Makan Sirih Agar Selalu Subur

Sponsors Link

Bunga Nona Makan Sirih dengan nama latin Clerodendrum thomsoniae salah satu jenis tanaman hias rambat yang berasal dari Afrika Barat terbentang dari Kamerun hingga Senegal. Biasanya Bunga Nona Makan Sirih berbentuk dengan 8 – 20 kuntum kelopak bunga berwarna putih atau ungu pucat ditambah mahkota bunga berwarna merah dengan panjang mencapai 2 cm dan bentuk daun yang menyerupai daun sirih.

ads

Ada beberapa sumber yang menyatakan ada suatu alasan kenapa bunga hias ini memiliki nama sebagai Bunga Nona Makan Sirih. Yang pertama karena daun dari bunga ini mirip seperti daun sirih, yang kedua karena di Indoensia memiliki kebiasaan nyinang yang berupa kegiatan mengunyah daun sirihh dengan pinang, kapur, dan gambir yang biasa dilakukan oleh wanita.

Campuran daun sirih, pinang, kapur, dan gambir akan menjadi warna merah seperti bunga pada Bunga Nona Makan Sirih. Sehingga 2 alasan tersebutlah yang menjadikan tanaman asal Afrika Barat ini disebut dengan Bunga Nona Makan Sirih Inilah Alasan Kenapa Bunga Edelweis Dilarang Dipetik Oleh Siapapun.

Manfaat Bunga Nona Makan Sirih 

Memiliki nama yang unik, Bunga Nona Makan Sirih juga memiliki manfaat salah satunya adalah bagian daunnya. Jika bagian daunnya diolah dapat membantu meredakan radang selaput gendang telinga pada anak dengan cara merebus 10 – 15 gram daun Bunga Nona Makan Sirih menggunakan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.

Saring rebusan daun Bunga Nona Makan Sirih kemudian diminum setengah gelas sebanyak 2x dalam satu hari. Dapat membantu melancarkan air kencing dan kencing batu dengan cara merebus 15 gram daun Bunga Nona Makan Sirih menggunakan 3 gelas air selama 15 menit.

Setelah 15 menit, tunggu air hingga dingin dan konsumsi air rebusan daun Bunga Nona Makan Sirih di pagi dan sore hari.

Di Indonesia Bunga Nona Makan Sirih terkenal sebagai tanaman hias yang cantik dengan bunga berwarna putih merah atau ungu merah. Banyak orang yang membudidayakan dan menanam Bunga Nona Makan Sirih ini dalam pot baik untuk hiasan pribadi maupun untuk dijual.

Bagi yang baru ingin memulai memelihara dan baru membeli Bunga Nona Makan Sirih tetapi bingung bagaimana cara merawat Bunga Nona Makan Sirih dengan baik dan benar, berikut akan ada beberapa tips dan trik cara merawat Bunga Nona Makan Sirih Inilah Cara Merawat Bunga Agar Subur dan Merekah Setiap Hari.

Cara Merawat Bunga Nona Makan Sirih

  1. Tempatkan Bunga Nona Makan Sirih ditempat yang memiliki pencahayaan sinar matahari yang cukup untuk tanaman dapat menghasilkan bunga yang bagus
  2. Saat usia Bunga Nona Makan Sirih masih muda dapat tumbuh dengan tegak, namun lama-lama tanaman Bunga Nona Makan Sirih akan merambat/membelit sehingga ada baiknya dalam pot kita sediakan kawat atau kayu untuk Bunga Nona Makan Sirih melilitkan batangnya
  3. Agar merangsang pertumbuhan tanaman, rajinlah potong bagian yang layu pada Bunga Nona Makan Sirih
  4. Untuk menunjang pertumbuhan dan pemenuhan nutrisi pada Bunga Nona Makan Sirih, dapat ditambahkan pupuk organic cair dengan rutin setiap 2 minggu sekali
  5. Untuk pemenuhan air pada Bunga Nona Makan Sirih, air dapat diberikan secara rutin setiap hari tapi tidak sampai air menggenang pada pot tanaman. Cukup tanah basah hingga bagian bawah agar tanaman mendapatkan air secara menyeluruh. 

  6. Untuk memperbanyak Bunga Nona Makan Sirih caranya cukup mudah yakni dengan cara stek atau menanam dari biji bunga tersebut dengan menancapkan beberapa batang Bunga Nona Makan Sirih ke tanah yang masih lembab dan biarkan tanaman tersebut tumbuh tunas sendiri Cara Membuat Pupuk Perangsang Bunga dan Buah dengan Mudah.
  7. Selalu rutin untuk memberi Bunga Nona Makan Sirih booster untuk menghindarkan tanaman dari serangan hama dan penyakit Cara Menghilangkan Ulat Pada Bunga yang Ampuh dan Mudah.
  8. Untuk menjaga agar daun dan bunga tetap segar sepanjang hari, bagian bunga dan daun Bunga Nona Makan Sirih dapat disemprot dengan air setiap pagi dan sore hari agar tanaman nampak senantiasa segar Cara Merawat Bunga Hidup Agar Tidak Layu dan Tetap Tumbuh Segar.
  9. Bunga Nona Makan Sirih dapat ditanam dalam pot diletakkan di halaman rumah atau digantung, tapi dengan menyediakan tempat tanaman untuk merambat

Itulah beberapa cara merawat Bunga Nona Makan Sirih agar selalu segar dan tumbuh subur dipekarangan rumah Cara Merawat Bunga Aglaonema Agar Subur dan Menawan. Banyak yang mengatakan bahwa menemukan bibit Bunga Nona Makan Sirih cukup sulit karena meskipun bunganya cukup indah namun semakin lama semakin sedikit peminatnya serta membuat jika Bunga Nona Makan Sirih dijual di pasaran harga lumayan mahal.

Tetapi dibeberapa daerah Bunga Nona Makan Sirih cukup mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau karena banyak orang yang masih membudidayakan dan menjadi peminat dari bunga hias merambat tersebut.

Meskipun sudah terbilang langka atau jarang ditemukan, Bunga Nona Makan Sirih tetap memiliki tempat di hati pecinta tanaman hias merambat karena tanaman ini memiliki bentuk bunga yang unik dan berbeda dari bentuk bunga yang lain.

Cara merawat Bunga Nona Makan Sirih termasuk susah dan gampang karena salah cara kita dalam merawat akan menyebabkan bunga yang dihasilkan tidak bagus, tanaman menjadi mudah kayu, daun menjadi cepat menguning, dan tanaman akan mudah terserang hama penyakit dan jamur.

Untuk itu bagi yang baru memulai menanam Bunga Nona Makan Sirih ada baiknya untuk selalu menambah wawasan bagaimana cara merawat Bunga Nona Makan Sirih dari berbagai sumber agar Bunga Nona Makan Sirih yang ditanam dapat tumbuh sesuai harapan.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Bunga, Tips dan Trik