Sponsors Link

Cara Merawat Pohon Sengon Umur 1 Tahun Agar Subur

Pohon sengon merupakan pohon penghasil kayu di negara-negara Asia, termasuk juga di Indonesia. Pohon sengon termasuk ke dalam suku Fabaceae. Pohon sengon banyak dibudidayakan di Indonesia sebagai tanaman penghasil kayu.

Tak heran karena kayu yang berasal dari tanaman bernama ilmiah Albizia Chinensis ini memiliki kualitas yang bagus. Pohon ini juga bisa tumbuh dengan cepat sehingga bisa cepat memberikan keuntungan. Simak juga cara stek daun bunga gloxinia.

Kayu pohon sengon memang memiliki kualitas yang baik. Kayunya padat, memiliki serat yang lurus, dan tidak mudah diserang rayap. Pohon sengon sendiri bisa tumbuh di berbagai kondisi tanah, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Cara merawat pohon sengon umur 1 tahun agar cepat besar cukup mudah.

Menanam pohon sengon bisa Anda lakukan dengan mudah. Namun, agar pohon sengon bisa tumbuh dengan baik dan sehat, maka Anda harus melakukan perawatan dengan baik dan benar. Ikuti tips menjadi petani sukses yang luar biasa di Indonesia.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai cara merawat pohon sengon umur 1 tahun.

  • Jarak tanam antar pohon yang cukup

Saat membudidayakan beberapa pohon sengon dalam satu lahan, jarak tanam antar pohon harus diperhatikan. Hal ini penting agar semua tanaman bisa tumbuh dengan baik dan sehat tanpa harus mengganggu pertumbuhan dan pemenuhan nutrisi tanaman lainnya. Jarak tanam ini juga bisa disesuaikan dengan jenis pohon sengon yang dibudidayakan.

  • Penyulaman atau penggantian bibit sengon

Penyulaman merupakan penggantian bibit sengon yang tidak sehat atau rusak dengan bibit baru yang sehat. Hal ini diperlukan karena bibit yang bagus akan menghasilkan tanaman yang bagus juga. Kegiatan ini bahkan bisa dilakukan setelah bibit tanaman ditanam selama satu tahun.

  • Penyiangan tanaman pengganggu atau gulma

Tanaman pengganggu seperti rumput atau gulma lainnya bisa mengganggu pertumbuhan pohon sengon karena bisa merebut nutrisi yang diperlukan tanaman. Untuk itu, Anda harus rutin membersihkan media tanam di sekitar pohon sengon dari berbagai jenis tanaman pengganggu.

  • Pemupukan yang cukup

Pemupukan merupakan faktor yang penting untuk pemenuhan nutrisi berbagai jenis pohon, termasuk juga untuk pohon sengon. Pupuk mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Jika umur pohon sengon 1 tahun, Anda bisa melakukan pemupukan sebanyak dua bulan sekali menggunakan pupuk NPK.
Dosis yang digunakan yaitu sekitar 30 gram per tanamannya. Pemupukan ini dilakukan dengan cara menimbun pupuk pada lubang tanah secara melingkar di sekitar batang tumbuhan. Cara membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga dan bagaimana cara membuat pupuk kompos dari sampah organik bisa diikuti.

  • Pemangkasan pohon sengon

Pemangkasan pohon sengon diperlukan apabila ada cabang atau dahan yang dianggap mengganggu. Hal ini juga akan memudahkan untuk panen nantinya. Agar kayu sengon tidak cacat, pastikan gunakan gergaji yang tajam saat melakukan pemangkasan pohon sengon.

  • Mengendalikan hama

Pohon sengon juga merupakan tanaman yang bisa rentan terhadap serangan hama. Adanya hama dapat merugikan bagi pertumbuhan tanaman. Hama yang sering menyerang sengon yaitu hama boktor yang dijumpai di batang tanaman.

  • Mencegah dan mengendalikan penyakit tanaman

Agar pohon sengon bisa bebas dari penyakit, perawatan yang tepat harus dilakukan. Penyakit akar puru dan penyakit jamur merah merupakan penyakit yang sering menyerang pohon sengon.

Demikian penjelasan mengenai cara merawat pohon sengon umur 1 tahun. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pohon