Sponsors Link

6 Tips Menjadi Petani Sukses yang Luar Biasa di Indonesia

Profesi sebagai petani merupakan salah satu profesi yang mulia. Petani berperan menghasilkan pangan untuk masyrakat luas. Profesi ini pun menjadi profesi yang penuh dengan tantangan karena harus menghadapi ketidakpastian kondisi alam dalam menghasilkan produk pangan yang berkualitas.

Impian menjadi petani sukses pun pastinya menjadi dambaan para petani. Lalu, bagaimana tips menjadi petani sukses yang luar biasa.

Ada beberapa tips menjadi petani sukses yang luar biasa, yakni:

  • Pandai berinovasi

Pandai berinovasi merupakan kemampuan yang diperlukan oleh petani. Inovasi tersebut bisa dalam bentuk pembibitan maupun teknologi dalam berproduksi.

Inovasi dapat berasal dari pengalaman petani maupun diciptakan oleh para ahli pertanian. Bahkan para mahasiswa pun sudah mampu berinovasi di bidang pertanaian. Namun, sayangnya terkadang inovasi yang ada tidak tersampaikan secara menyeluruh.

Inovasi di bidang pertanian berdampak positif bagi kesejahteraan hidup petani. Adanya inovasi dapat meningkatkan hasil produksi dan aktivitas pertanian pun menjadi lebih efektif serta efisien. Saat aktivitas pertanian menjadi efektif dan efisien maka biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dan hasil yang didapatkan lebih optimal.

Baca juga mengapa petani Indonesia tidak sejahtera dan cara agar petani Indonesia lebih sejahtera.

Negara maju pada umumnya memiliki petani kreatif yang mampu berinovasi dengan baik. Kerjasama yang baik dalam rangka penerapan inovasi dapat terselanggara dengan baik di negara-negara maju.

Misalnya di Jepang, pemupukan pada lahan pertanian yang sangat luas yang dimiliki petani dapat diatasi dengan penerapan helikopter mini. Hal ini mempermudah penyebaran pupuk dan menghemat waktu.

Baca juga kenapa petani Jepang makmur dan jenis tanaman yang harus ditanam oleh petani dalam cultuurstelsel pada jaman dulu.

  • Peningkatan kualitas produk pertanian

Selain pandai berinovasi, petani sukses juga perlu meningkatkan kualitas produk pertaniannya. Pada umumnya konsumen mau untuk membayar dengan harga tinggi jika produk yang ditawarkan berkualitas tinggi. Ukuran produk yang lebih besar, kuantitas dalam satu lahan yang lebih banya, dan aspek lainnya yang mempengaruhi nilai jual suatu komoditas pertanian tertentu.

  • Memperluas jaringan pemasaran

Pemahaman tentang pemasaran juga diperlukan supaya menjadi petani sukses luar biasa. Jika Anda ingin menjadi petani sukses, maka Anda harus mau belajar tentang cara memasarkan produk dan bagaimana fluktuasi harga bisa terjadi.

Hal ini dibutuhkan supaya Anda tidak dipermainkan oleh pihak-pihak yang memberikan harga murah. Meskipun sebenarnya harga di pasaran sedang tinggi.

Anda pun dapat memperluas jaringan pemasarannya. Selain itu, Anda dapat menawarkan dan mengenalkan produknya ke wilayah yang lebih luas.

Anda pun dapat memanfaatkan pemasaran online. Pemasaran online lebih mudah dilakukan, karena Anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Anda dapat bergabung dengan market place dan komunitas agribisnis online.

  • Bergabung dengan koperasi

Saat Anda bergabung dengan koperasi, Anda dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh koperasi. Misalnya, saat sedang panen raya maka banyak petani di Indonesia yang menjual hasil panen pada tengkulak atau pengepul. Hal ini mengakibatkan para tengkulak bertindak semena-mena, yakni dengan membeli harga murah.

Koperasi menjadi salah satu jalan untuk menghadapi hal tersebut. Apabila Anda bergabung ke dalam koperasi, maka Anda tidak perlu menjual hasil panen ke pengepul atau tengkulak. Koperasi kemudian dapat menyalurkan langsung ke pedagang besar. Pada titik inilah maka Anda sebagai petani dapat menikmati harga yang lebih tinggi dibandingkan saat dijual ke tengkulak atau pengepul.

Selain itu, koperasi pun dapat menjadi sarana bagi petani untuk meminjam modal. Petani sering meminjam uang untuk dijadikan modal pada pengepul atau tengkulak. Petani akan membayar pinjaman tersebut melalui pemotongan hasil jual panen mereka pada tengkulak.

Jika Anda bergabung dengan koperasi, maka Anda dapat meminjam uang pada lembaga tersebut. Namun, pilihlah koperasi yang benar-benar bergerak dengan asas kekeluargaan.

  • Bergabung dengan kelompok tani

Selain bergabung dengan koperasi, Anda juga perlu bergabung dengan kelompok tani agar menjadi petani sukses yang luar biasa. Ada berbagai macam keuntungan yang didapatkan jika Anda bergabung dengan kelompok tani.

Misalnya, Anda dapat mengetahui informasi pertanian terkini seperti perkembangan harga produk-produk pertanian dan inovasi teknologi terbaru di bidang pertanian. Selain itu, biasanya bantuan dari pemerintah maupun swasta akan melewati organisasi seperti kelompok pertanian.

Jadi, jika Anda bergabung dengan kelompok tani maka Anda dapat memperoleh bantuan dari pemerintah maupun swasta dengan lebih mudah. Bantuan tersebut dapat berupa pupuk bersubsidi maupun alat-alat pertanian.

Baca juga pupuk subsidi pemerintah bermanfaatkah dan usaha pemerintah dalam meningkatkan produksi padi di Kupang.

  • Cerdas mengambil peluang

Tips terakhir untuk menjadi petani sukses yang luar biasa adalah cerdas mengambil peluang. Misalnya, petani terkadang sering menanam tanaman yang seragam dalam waktu yang bersamaan. Hasilnya maka harga komoditas tersebut akan turun saat panen raya tiba.

Apabila Anda sebagai petani berani berbeda menanam tanaman lain yang tidak terlalu banyak ditanam petani lainnya, maka saat panen petani dapat mempertahankan harga. Hal ini karena jumlah di pasaran tidak terlalu banyak.

Inilah tips menjadi petani sukses yang luar biasa. Anda dapat mencoba menerapkannya dalam keseharian Anda sebagai seorang petani. Semoga Anda dapat menjadi petani yang sukses luar biasa. Semoga bermanfaat.

, , ,