Sponsors Link

Jenis Tanaman yang harus Ditanam oleh Petani dalam Cultuurstelsel Pada Jaman Dulu

Sponsors Link

Seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia merupakan surganya bagi setiap jenis tanaman, hal inilah yang membuat penjajah menduduki indonesia. Bahkan pada saat masa tanam paksa atau biasa dikenal dengan istilah culture stelsel, banyak sekali berbagai jenis tanaman yang harus ditanam oleh setiap petani lokal.

ads

Namun sebelum anda mengetahui berbagai jenis tanaman yang di tanam pada masa tanam paksa tersebut. Ada baiknya juga anda mengetahui mengenai pengertian, tanaman utama yang ditanam dan tanaman lain yang harus ditanam di beberapa daerah di Indonesia Sebagai berikut.

Pengertian Tanam Paksa

Cultuur stelsel ataupun juga disebut dengan tanam paksa merupakan peraturan yang terjadi di masa penjajahan. Pada masa tersebut gubernur van den bosch mengeluarkan sebuah peraturan yang mana mewajibkan setiap desa untuk menyisihkan bagian tanahnya sekitar 20 persen.

Hal tersebut ditujukan untuk digunakan sebagai kebutuhannya yakni dengan menanami berbagai tanaman komoditi ekspor yang sangat laris di masa lalu. Ketahui juga cara Infus Tanaman dari Botol Bekas apabila anda hendak mengatur penyiraman air secara berskala

Ketentuan tanaman Paksa

Selain mengharuskan menyisihkan sebagian dari tanah desa sekitar 20 persen, ada ketentuan lain yang harus dipenuhi pada masa tanam paksa. Seperti halnya dengan mewajibkan setiap warga yang tidak memiliki tanah untuk bekerja selama 75 hari dalam setahun.

Setiap warga yang tidak memiliki tanah tersebut diharuskan bekerja di kebun milik pemerintah kolonial. Ada baiknya bila anda mencoba menanam Jenis Tanaman Akuarium bila memiliki akuarium di rumah.

Akan tetapi dalam kenyataannya peraturan yang telah dibuat ternyata tidak berarti karena bukan hanya 20 persen saja, bahkan seluruhnya wajib ditanami tanaman sesuai dengan kebutuhan dari pemerintah belanda.

Selain itu juga seluruh hasilnya pun harus diserahkan langsung pada pemerintah kolonial pada masa itu. Ketahui juga oleh anda beberapa alasan yang membuat Kenapa Tanaman Layu, supaya penanaman anda bisa maksimal

Tanaman Utama yang Ditanam

Pada masa pemerintahan kolonial sendiri ada banyak sekali jenis tanaman yang wajib ditanam, untuk kemudian di serahkan dan juga di jual pada pemerintahan kolonial tersebut. Harga yang didapatkan tentunya sesuai dengan harga yang dibuat dalam aturan pemerintah kolonial.

Adapun beberapa jenis tanaman utama yang harus ditanam diantaranya adalah seperti berikut :

  • Tanaman Kopi
  • Tebu
  • Indigo atau bahan pewarna

Jenis Tanaman Lain yang harus di Tanam Pada Beberapa Wilayah

Selain dengan tanaman yang wajib ditanam seperti halnya dengan tanaman kopi, tebu dan juga indigo ada beberapa tanaman lain yang juga harus ditanam. Jenis tanaman tersebut pun di sesuaikan dengan wilayah yang ada di Indonesia, secara umum tanaman yang harus ditanam adalah tanaman untuk komoditi ekspor.

Ketahui juga oleh anda Cara Stek Bunga Mawar bila anda hendak menanam bunga mawar.

Adapun beberapa wilayah yang tidak menggunakan komoditi ekspor tetap juga dikenakan pajak. Selain itu juga setiap warga yang tidak memiliki tanah tentunya wajib untuk bekerja bahkan sampai dengan setahun penuh, dan bekerja pada lahan pertanian yang tentunya menjadi milik pemerintah kolonial pada masa itu.

Adapun Beberapa tanaman yang juga harus ditanam dalam skala kecil diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tembakau
  • Lada
  • Teh
  • Kayu manis
  • Cengkeh
  • Pala

Kerja Paksa di Wilayah lain di Luar Jawa

Selain di pulau Jawa sendiri sejak tahun 1822 penyebaran untuk tanam paksa diberlakukan sampai ke luar pulai jawa. Hal ini jelas dengan menyesuaikan beberapa jenis tanaman dengan kondisi daerah yang lain yang tentunya memiliki kondisi tanah yang berbeda.

Bahkan beberapa tanaman lain dengan skala lain juga diberlakukan. Ketahui juga oleh anda berbagai Tanaman Aquarium Tanpa co2 yang sangat cocok untuk ditanam bila anda memiliki akuarium.

Adapun beberapa wilayah lain yang juga kena dampak dari tanam paksa pada masa pemerintahan belanda diantaranya seperti berikut :

  • Minahasa diberlakukan tanam paksa kopi
  • Sumatera Barat tahun diberlakukan dengan tanam paksa kopi
  • Madura diberlakukan dengan tanam paksa tanaman tembakau
  • Maluku diberlakukan dengan tanam paksa tanaman cengkeh
  • Ambon diberlakukan dengan tanam paksa tanaman cengkeh

Penyesuaian Tanam Paksa

Sistem tanam paksa sendiri tentunya juga disesuaikan dengan kondisi dari tanah dari masing- masing wilayah.

Untuk jenis tanah yang dibutuhkan juga tentunya sangat tergantung dari setiap tanaman yang diharuskan untuk ditanam. Ketahui juga oleh anda mengenai Tanaman Cabai Tiba-Tiba Layu untuk langkah pencegahan

Pada beberapa jenis tanaman utama seperti halnya dengan tebu maka jenis tanah yang diperhatikan adalah jenis dari tanah persawahan. Hal tersebut dikarenakan tanaman tebu sangat memerlukan sistem irigasi yang baik. Ketahui juga oleh anda Tanaman Hidup untuk Aquarium bila anda memiliki akuarium.

Untuk jenis dari tanaman kopi, maka jenis dari tanah yang diperlukan adalah jenis dari tanah yang tandus. Akan tetapi dalam praktiknya, untuk tanaman kopi sendiri ditanam pada area yang belum digarap.

Dengan demikian maka untuk menggarapnya memerlukan banyak tenaga kerja dari warga yang tentunya wajib mengikuti sistem dari tanam paksa.

Selain dari tanaman kopi dan juga tebu, satu jenis tanaman utama lain seperti tanaman indigo pemerintah kolonial memilih tempat dengan menyesuaikan daerah yang banyak penduduknya supaya pengerjaan nya lebih cepat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Teknik