Sponsors Link

Cara Pemupukan Cengkeh Dewasa

Sponsors Link

Pemupukan yang baik untuk cengkeh adalah jika kita lakukan pada permulaan atau akhir musim penghujan. Pupuk yang baik adalah pupuk kandang atau kompos. Cara pemberian pupuk yang baik bukan di dekat batang pohon, akan tetapi di bawah mahkota daun, yaitu dengan membuat lubang (parit galian) tempat pupuk melingkari pohon, dengan cara ini juga untuk mencegah akar terserang rayap.

ads

Akan tetapi hal ini haruslah diawali dengan cara menanam cengkeh yang baik. Sehingga tanaman cengkeh akan tumbuh dan siap diberi pupuk. Selain itu, waktu pemberian pupuk dan cara membuat pupuk agar tanaman cepat  berbuah juga penting untuk diperhatikan.

Pupuk kandang untuk setiap pohon kira-kira banyaknya 30-60 kg. Tanaman cengkeh juga dapat di pupuk dengan urea, serta pupuk lain yang mengandung zat NPK. Pohon cengkeh yang di pupuk akan cepat berbuah bila di bandingkan dengan pohon cengkeh yang tidak di pupuk dan pohon cengkeh genjah (subur) akan berbuah sekitar umur 5 tahun.

Pemberian Pupuk

  • Pemupukan dengan NPK di lakukan dengan dosis 10 gr/pohon/tahun atau dengan urea, SP-36 dan KCI dengan dosis masing-masing 3,5 gr/bibit/tahun.
  • Pupuk tersebut di berikan tiap 3 bulan sekali sedangkan untuk yang di dalam polibag di berikan sebanyak 1,5 bulan sekali.
  • Pemberian pupuk kandang bertujuan untuk meningkatkan jumlah hara yang dapat di serap oleh tanaman, di berikan setahun dua kali yaitu pada awal musim hujan.
  • Dosis pemupukan menggunakan pupuk kandang antara 5-10 kg/pohon.
  • Jenis pupuk kandang antara lain dari kotoran sapi, kerbau atau kambing yang telah mengalami pelapukan.

Tanaman cengkeh mempunyai perakaran dengan akar rambut yang menyebar mulai dari pangkal batang sampai ke proyeksi tajuk terluar. Oleh karena itu agar pupuk yang di berikan bisa efektif dan efisien harus di bagi menjadi dua, dua pertiga bagian di berikan pada alur dangkal sedalam 5-10 cm di sekeliling proyeksi tajuk terluar, kemudian di tutup kembali dengan tanah. Sepertiga sisanya di berikan dengan cara di sebar sekitar tajuk bagian bawah kemudian di tutup tanah.

Dan tidak banyak yang tau bahwa sebenarnya tanaman cengkeh dapat dicangkok. Ada beberapa cara mencangkok cengkeh yang harus Anda ketahui. Dengan mencangkok tentunya memiliki nilai plus tersendiri bagi penanam cengkeh.

Waktu Pemberian Pupuk

  1. Pemberian pupuk umur tanaman1 tahun urea 0,06 kg/pohon/tahun, TSP 0,05 kg/pohon/tahun dan KCI 0,035 kg/pohon/tahun di tambah pupuk kieserit 0,035 kg/pohon/tahun serta kapur pertanian (dolomit) sebanyak 0,5 kg/pohon/tahun
  2. Untuk umur tanaman 3 tahun pemberian pupuk lebih banyak di bandingkan umur sebelumnya yaitu urea sebesar 0,25 kg/pohon/tahun, TSP 0,15 kg/pohon/tahun dan KCI 0,12 kg/pohon/tahun di tambah pupuk kiserit 0,1 kg dan dolomit 0,5 kg/pohon/tahun.
  3. Sedangkan untuk cengkeh yang berumur 6 tahub di berikan pupuk anorganik sebagai berikut, Urea 0,9 kg, TSP 0,6 kg, dan KCI 0,6 kg/pohon/tahun serta pupuk kiserit 0,25 kg/pohon/tahun.
  4. Umur tanaman 10 tahun di berikan pupuk urea 3 kg, TSP 0,8 kg dan KCI 2,0 kg serta pupuk kiserit 0,8 kg/pohon/tahun.

Tips :

  • Bila di berikan dua periode pemberian pupuk pertama di lakukan awal musim hujan (september-oktober) dan kedua pada akhir musim hujan (maret-april).
  • Siramkan SUPERNASA atau NUTRITION dosis 1 sendok makan per 10 liter air per pohon setiap 3-6 bulan sekali.
  • Semprotkan POC NASA dosis 3-4 tutp + HORMONIK dosis 1-2 tuto pertangki setiap 1-2 bulan sekali sampai umur 5 tahun.

Untuk tanaman cengkeh yang sudah di produksi atau berbuah gunakan POWER NUTRITION untuk meningkatkan pembuahan. Pupuk organik POWER NUTRITION adalah pupuk yang di formulasikan secara khusus untuk merangsang pertumbuhan bunga dan meningkatkan pembuahan agar lebih optimal. POWER NUTRITION di buat dari berbagai bahan organik alami yang di proses secara khusus dengan kandungan unsur hara esensial yang sangat di butuhkan oleh tanaman untuk meningkatkan produksi cengkeh.

Cara pemakaiannya pun mudah, 3 sendok makan POWER NUTRITION di larutkan ke dalam air di campurkan 1/2 tutup AERO 810 untuk membantu peresapan nutrisi pada akar. Selanjutnya siramkan di sekeliling perakaran tanaman. Lakukan pemupukan ini setiap 3 bulan sekali untuk hasil optimal.

Tips :

Pemupukan cengkeh dewasa pemberian di lakukan 2 kali/tahun yaitu 3-4 bulan saat menjelang pembentukan bakal bunga di awal musim kemarau dan 3 bulan setelah pembentukan bakal bunga. Aplikasian pupuk ini juga harus tepat dan sesuai, juga harus di kombinasikan dengan kebutuhan mikro yaitu POWER NUTRITION dan SUPERNASA agar kebutuhan unsur makro dan unsur mikronya terpenuhi dan seimbang.


  • Penaburan

Dosis pemakaian : Taburkan 5 sendok makan 100 gr Pupuk Agrodyke cengkeh + 1 kg pupuk urea atau NPPK Pada setiap pohon cengkeh.

Arah : Galilah tanah dengan di beri jarak sekitar 10 cm di sekitar pohon cengkeh, taburkan secara merata ke dalam lubang tersebut kemudian di tutup kembali dengan tanah agar terhindar dari hujan.

  • Penyemprotan

Dosis pemakaian : Taburkan 5 sendok makan 100 gr pupuk agrodyke cengkeh di campir dengan 15 liter air.

Arah : Semprotkan dari tanah, batang sampai cabang secara merata. Rapatkan handsprayer pada waktu anda melakukan penyemprotan.

Durasi : Lakukan penyemprotan pada pohon cengkeh sebanyak 3 kali setahun (4 bulan sekali).

Rawatlah pohon cengkeh anda walau hanya tersisa beberapa lembar daun saja, karena jika di semprotkan dengan cairan agrodyke maka pohon akan berdaun dan sehat kembali. Dan jika menemukan hama apapun pada tanaman cengkeh anda, maka semprotkanlah cairan agrodyke (5 sendok makan + 15 liter air).

Cengkeh sendiri dapat di panen mulai umur tanaman 4,5-6,5 tahun. Untuk memperoleh mutu yang baik bunga cengkeh di petik saat matang petik, yaitu saat kepala bunga kelihatan sudah penuh tetapi belum membuka. Matang petik setiap tanaman umumya tidak serempak dan pemetikan dapat di ulangi setiap 10 – 14 hari selama 3 – 4 bulan.

Bunga cengkeh di petik pertanda tepat di atas buku daun terakhir. Bunga yang telah di petik lalu di masukkan ke dalam keranjang atau karung kecil dan bisa juga di bawa ke pengolahan. Menanam cengkeh dan merawatnya dengan baik bisa dikatakan sebagai ladang uang, karena cengkeh termasuk tanaman penghasil uang banyak yang cukup mudah dibudidayakan.

Pohon cengkeh harus dirawat dengan baik agar dapat berbuah dengan baik. Baca juga cara merawat tanaman cengkeh yang bisa jadi solusi pengetahuan Anda. Dan diatas adalah cara pemupukan cengkeh dewasa yang patut dicoba dalam menanam cengkeh. semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tanaman