Sponsors Link

Daftar Benih Timun Terbaik Tahan Penyakit dan Subur

Sponsors Link

daftar benih timun terbaik tahan penyakitTanaman timun tergolong tanaman genjah yang cepat panen yaitu rata-rata hanya 1 bulan panen sehingga sering dibudidayakan oleh petani untuk mengisi jeda waktu kosong pada lahan tanam. Tanaman timun juga sering dimanfaatkan dalam multikultur tumpang sari. Selain memiliki sifat genjah, tanaman timun juga tergoleong murah da mudah perawatannya. Pasalnya tanaman ini capat beradaptasi dengan lingkungan.

ads

Salah satu kunci sukses dalam budidaya timun adalah menjaga ketersediaan air tanah pada saat buah timun mulai pentil. Yang selanjutnya adalah dengan mengatasi serangan penyakit dan hama yang bisa menurunkan produksi buah timun. Penyakit pada tanaman timu sendiri sangat bermacam-macam. Seperti downy mildew (embun bulu), keriting, antraknosa, bulai dan mosaik. Diantara beberapa jenis penyakit tersebut yang paling mengerikan dan sulit diatasi adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu kerting, bulai (gemini virus) dan mosaik (cucumber mosaik virus).

Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk serangan virus pada tanaman. Beberapa langkah terbaru hanya efektif untuk mencegah dan menghambat penyebaran virus dalam tubuh tanaman dengan jalan memperlama masa inkubasi. Metode pencegahan yang dilakuakan terdiri dari 3 tahap yaitu, penanaman benih timun tahan penyakit, pemberian induksi ketahanan virus pada saat tanaman masih berupa bibit muda, pengendalian vektor tular (serangga).

Dari tiga langkah pencegahan diatas maka langkah pertama berupa penanaman bibit timun tahan penyakit adalah langkah paling efisien dan murah yang bisa dilakukan para petani. Pasalnya bibit tanaman tahan penyakit secara alami sudah memiliki gen dan antibodi yang lebih tahan terhadap infeksi penyakit dan virus. Ini jelas akan menguntungkan petani karena dapat menghemat biaya perawatan selama masa tanam. Baca juga Cara Menanam Bunga Matahari

Kali ini kami akan mengulas mengenai beberapa daftar benih timun terbaik yang tahan penyakit agar menjadi referensi bagi anda yang hendak membudidayakan timun. Daftar ini kami peroleh berdasarkan keterangan dari petani yang telah menanam serta keterangan pada label kemasan yang dijamin mutunya oleh produsen benih. Berikut adalah daftar benih timun terbaik tahan penyakit yang kami rekomendasikan untuk dibudidayakan. Baca juga Cara Budidaya Ciplukan

1. Benih Timun Harmony Tahan Virus

Yang pertama kami referensikan adalah benih timun Harmony. Benih timun asal perusahaan … ini telah terbukti sejak dulu sebagai benih timun yang cocok untuk ditanam disegala musim karena memiliki daya tahan yang baik terhadap serangan virus (gemini dan CMV) serta toleran terhadap kresek atau embun bulu.

Bukan hanya sifat tahan virusnya yang dominan, akna tetapi dari segi kualitas buah juga sanagt unggul. Timun harmony memiliki kecenderungan untuk tumbuh lurus dan rasanya tidak pahit. Daya tumbuh yang baik juga biaya pemupukan timun Hrmony menjadi lebih hemat. Jika ditanam di lahan bekas semangka atau melon dan cabe, maka timun ini tak perlu diberi pupuk dasar dan cukup diberi NPK kocor di lubang tanam. Baca juga Cara Menanam Pepaya California

2. Benih Timun Hercules Plus

Rekomendasi kami yang selanjutnya adalah benih timun hercules. Sama seperti sebelumnya, benih timun hercules juga tahan terhadap virus gemini dan CMV. Benih timun ini terbukti mampu bertahan dari ganasnya serangan gemini virus di musim kemarau yang banyak ditularkan oleh kutu kebul.

Keunggulan benih timun hercules lainnya juga sangat toleran terhadap serangan cendawan embun bulu (downy mildew) dan antraknose di musim hujan. Kualitas buah yang dihasilkan cukup baik dengan produktivitasnya yang tinggi, timun hercules juga menghasilkan buah yang lurus serta tidak pahit. Kami menyarankan aga jangan dipupuk urea atau ZA ketika dalam keadaan berbuah atau di musim hujan karena selain meningkatkan resiko serangan jamur, nitrogen juga akan menurunkan kualitas timun. Baca juga Cara Menanam Semangka Inul

Sponsors Link

3. Benih Timun Komandan

Satu lagi benih timun tahan penyakit yang kami rekomendasikan. Kali ini bukan hanya sifat tahan penyakitnya saja yang patut diacungi jempol, namun juga dari segi produktivitasnya yang luar biasa tinggi. Benih timun Komandan ini memiliki ukuran buah yang relatif lebih kecil akan tetapi jumlahnya sangat banyak dengan rasa yang tidak pahit. Lagi pula para pedagang bukan mencari timun yang besar tetapi timun yang sedang karena rasanya lebih enak ketimbang timun besar.

Produktivitasnya yang tinggi ini mampu memberikan keuntungan yang lebih pada saat panen nanti. Kami sarankan untuk mendukung produksi buahnya agat anda menggunakan zpt Giberelin Acid pada fase pembungaan dan rutin mengkocorkan NPK yang dicampur KCL. Timun ini juga tahan terhadap serangan virus seperti gemini dan CMV maupun serangan cedawan patogen seperti Embun Bulu (downy mildew). Baca juga Cara Menanam Melon Sistem Lesehan

Kami ingatkan sekali lagi bahwa yang kami maksudkan dengan istilah tahan virus bukan berarti kebal virus. Kalau tidak dilakukan tindakan pengendalian vektor penyakit seperti kutu kebul dan thrips, maka tidak menutup kemungkinan masih ada tanaman timun yang terkena serangan virus. Begitu juga dengan seranagn cendawan di musim hujan. Tanaman juga perlu didukung dengan fungisida sistemik maupun kontak meski intervalnya tidak usah sering-sering.

Demikianlah uraian kami tentang daftar benih timun terbaik tahan penyakit yang kami rekomendasikan untuk anda. Kami berharap agar produksi budidaya timun anda akan meningkat dengan menanam benih timun yang tahan penyakit serta virus tersebut. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain seperti Cara Menanam Terong Ungu dan Cara Menanam Ubi Jalar Sistem Plastik Mulsa.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran