Home » Tips dan Trik » 7 Jenis Hama Yang Menyerang Sarang Lebah dan Cara Membasminya

7 Jenis Hama Yang Menyerang Sarang Lebah dan Cara Membasminya

by Echa Tika

Seperti halnya tanaman, ternyata sarang lebah juga memiliki musuh utama yakni hama.

Bagi anda yang sedang melakukan usaha budidaya lebah, sebaiknya mengenali jenis hama yang menyerang sarang lebah berikut ini.

1. Kutu Lebah

Ada banyak sekali jenis hama yang berupa kutu perusak tanaman. Rupanya, ada jenis hama kutu lebah yang akan menjadi parasit dan bisa menempel dibagian punggung sang lebah dan ini akan sangat merusak budidaya lebah madu tersebut.

Hama yang satu ini bahkan bisa masuk pada bagian cell broot yang sejatinya telah ditutup dengan baik. hama ini nantinya akan mengganggu dan merusak koloni lebah madu dan bahkan bisa menyebabkan permasalahan yang lebih berbahaya.

hama kutu lebah yang sudah memasuki cell broot ini bahkan bisa membunuh lebah pekerja. Ini akan menyebabkan banyak lebah yang terlahir tanpa adanya sayap yang utuh.

Dan cara pembasmian hama ini tidak jauh berbeda dengan Cara Memberantas Hama Tanaman Budidaya yang ramah lingkungan, diperlukan obat yangbisa untuk membasmi hama kutu tersebut.

2. Hornet atau Tawon Ndas

Ini merupakan salah satu jenis hama yang menyerang sarang lebah yang sangat merugikan dan berbahaya.  Ini merupakan jenis tawon yang akan mendatangi sarang lebah pengumpul mau.

Hama yang satu ini menyerang sarang lebah madu tersebut dengan tujuan untuk memangsa indukan dari lebah madu yang sudah dewasa. Seperti yang dibahas di dalam Cara Membasmi Hama Ulat Pada Tanaman Jeruk, kita harus melakukan pembasmian terhadap koloni hama tersebut.

jadi, pastikan dulu dari mana hama ini berasal, lakukan pembasmian terhadap semua koloni penganggu sarang lebah tersebut dengan maksimal. Alternatif lain adalah dengan menggunakan perangkap yang diletakkan pada bagian depan sarang lebah madu.

3. Semut

Bahkan, koloni semut juga merupakan jenis hama yang menyerang sarang lebah yang tergolong merepotkan dan merusak. Karena, tidak jarang koloni semut akan memaksa dan menjarah masuk kedalam sarang lebah dan mencuri madu-madu yang telah lebah kumpulkan.

Yang lebih berbahayanya lagi, ada jenis koloni semut pemangsa koloni lebah dan bisa merusak koloni lebah tersebut dalam waktu yang relatif singkat. namun, pencegahan dan cara mengatasinya tergolong mudah, berikan saja oli pada jalan masuk koloni semut sehingga mereka tidak akan mengganggu lagi.

4. Ulat

Hama yang satu ini memang akan kalah jika ingin menggangu koloni lebah yang kuat. namun, ada beberapa kasus dimana terdapat serangan di sarang lebah dari ulat pada jenis koloni lebah yang tidak kuat.

Seperti halnya Cara Membasmi Hama Ulat Bulu Pada Tanaman, pastikan bagian depan sarang lebah dijaga dengan indukan yang kuat. pastikan juga tidak ada ulat dan kepompon yang berada di dekat sarang lebah tersebut.

5. Burung

Walaupun kasus penyerangan hama burung yang merusak sarang lebah masih minim di Indonesia, kita tetap harus waspada terhadap serangan burung pemakan lebah tersebut.

6. Black Robber Fly 

Ini merupakan istilah yang diberikan untuk lalat pembunuh yang sering mengganggu koloni lebah madu. hama ini akan merusak sarang dengan menghisap cairan yang dikumpulkan lebah, maka atasi dengan menghancurkan koloninya seperti Cara Memberantas Hama Tanaman Budidaya yang ramah lingkungan,.

7. Bunglon

Bunglon juga termasuk salah satu hama perusak sarang lebah. Tidak hanya mengintai lebah yang sedang mencari madu, bunglon juga gemar mengintai tepat disarang lebah tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis hama yang menyerang sarang lebah beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

You may also like