Sponsors Link

Cara Stek Beringin Dolar dan Tips Perawatan

Budidaya tanaman hias cukup laris di kalangan para pengusaha. Tanaman hias tentu berguna memperindah taman atau halaman rumah. Ada yang bisa merambat di pagar, tumbuh di tanah atau di pot gantung dan bermacam-macam. Salah satu tanaman hias yang ada adalah pohon beringin dolar. Nah, Tips Mudah Merawat Beringin Dolar

Pohon beringin dolar adalah pohon yang biasa digunakan untuk menghias taman outdoor. Laju pertumbuhan dari buah yang berasal dari Asia dan Australia ini relatif lama karena itulah pada umumnya petani tanaman ini menggunakan teknik penyambungan spesies asli. Sehingga menyambung tanaman ini dengan batang yang didapatkan dari jenis pohon beringin yang lain.

Tapi disarankan menggunakan teknik stek karena cara ini cenderung mudah, murah dan sederhana. Lalu bagaimana cara stek beringin dolar? Tentu ada beberapa trik untuk melakukan cara stek beringin dolar agar menghasilkan hasil stek yang baik.

Cara Stek Beringin Dolar: Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai untuk menyetek beringin dolar, alangkah baiknya jika.kita mempersiapkan beberapa alat dan bahan. Alat dan bahan tidak sulit didapat karena anda pasti memilikinya. Contoh alat yang diperlukan seperti.

  • Cutter.
  • Gunting.
  • Media tanam. Anda bisa memilih yang berbahan arang, batang pakis, kompos, moss, pupuk kandang, sabut kelapa atau sekam padi. Tidak perlu semuanya diambul. Cukup dua atau tiga bahan saja lalu aduklah secara merata dengan tanah. Tentunya dengan komposisi yang sesuai agar hasilnya juga sesuai harapan.
  • Pot. Isilah pot dengan media tanam.
  • Perangsang akar jika perlu.
  • Larutan ZPT agar tanaman cepat tumbuh.

Nah, kamu bisa juga belajar tentang Cara Stek Pohon Asam Jawa

Cara Stek Beringin Dolar: Pemilihan Batang Beringin Dolar

Setelah semua alat dan bahan sudah anda siapkan. Kini waktnya anda melakukan pemilihan batang beringin dolar.

  • Pilih dan ambillah batang beringin dolar yang batangnya kokoh dan daunnya masih segar. Setelah anda berhasil mendapatkan batang beringin dolar, potong bagian bawahnya secara miring.
  • Potong daun-daunnya untuk mengurangi penguapan. Dari pada terbuang percuma, gunakan beberapa daun yang sudah terpotong itu menjadi pupuk kompos.
  • Kupas kulit batang di bagian bawah agar akar bisa tumbuh dengan lebih mudah.
  • Gunakan larutan ZPT dan rendamlah hasil stek di dalam larutan itu selama satu jam agar nantinya cepat tumbuh.
  • Anda bisa mengolesi pangkal batang hasil stek dengan perangsang akar. Nah, kamu bisa juga belajar tentang Cara Stek Anggur yang Benar Agar Berbuah Subur

Cara Stek Beringin Dolar: Penanaman Batang Beringin Dolar

Setelah anda selesai mengupas bagian atas batang pohon lain, kini saatnya anda menanam hasil stek beringin dolar ke media tanam. Tancapkanlah beringin dolar ke media tanam. Tatalah agar tanahnya kuat dan mampu menyangga tanaman.

Anda bisa menanam satu atau dua beringin dolar di dalam satu pot. Pastikan saja potnya cukup untuk menampung beringin dolar yang akan anda tanam. Nah, kamu bisa juga belajar tentang Cara Menanam Cemara Udang dengan Stek dan Perawatannya

Perawatan Beringin Dolar 

Manfaat memperoleh ukuran dan bentuk yang diinginkan. Perawatan pohon beringin dolar ini juga relatif mudah. Karena kebutuhan pohon beringin dolar akan air air tidak terlalu banyak. Sehingga anda tidak perlu terlalu sering untuk menyirami.

Untuk perawatan daunnya, cukup dengan pemotongan daun dan ranting secara berkala dengan bentuk yang sesuai anda inginkan. Ada beberapa tips mudah merawat beringin dolar. Tanamlah pohon ini taman yang proposional dan cukup. Pohon ini juga menghasilkan buah, tapi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beringin dolar hanya berfungsi untuk mempercantik taman. Bukan diambil buahnya. Biarkan beberapa buahnya diambil oleh burung.

Harga Pohon Beringin Dolar 

Harga pohon beringin dolar di pasaran masih belum memiliki standard dan cenderung bebas. Karena pohon beringin dolar masih dikategorikan sebagai tanaman koleksi.

Tapi dari informasi yang beredar, harga beringin dolar di pasaran minimal satu setengah juta rupiah. Itu pun masih bervariasi karena tergantung dari kecil, besar dan bentuk dari pohon beringin dolar tersebut. Yang berukuran besar bahkan bisa mencapai puluhan juta.

Daripada anda dipusingkan dengan biaya untuk memperbanyak pohon beringin dolar, maka lebih baik anda mencari solusi lain. Contohnya dengan teknik perbanyakan tanaman dengan vegetatif buatan yaitu dengan cara stek. Sebenarnya juga bisa dilakukan dengan teknik cangkok dan bisa juga menggunakan teknik okulasi yang tidak ditanam langsung di tanah tapi di tanam di bagian atas batang tanaman yang masih hidup. Sebut saja tanaman induk.

Jika anda ingin merawat pohon beringin dolar, maka anda juga perlu memahami kelemahannya. Kelemahan dari pohon yang menjadi lambang kota Bangkok ini yaitu cukup lemah jika diserang oleh hama kutu putih. Sehingga untuk agar beringin dolar milik anda tetap sehat dan bebas hama, maka anda perlu melakukan penyemprotan insektisida secara rutin dengan dosis yang sesuai.

Demikian informasi tentang beringin dolar. Beringin dolar perlu anda ketahui agar anda bisa menerapkan bagaimana cara memperbanyak tanaman beringin dolar dengan cara yang baik dan hasil yang optimal.

Diharapkan, nantinya hasil stek bisa menghasilkan pohon beringin dolar yang baru dan bagus. Selain beringin dolar, ada beberapa cara stek tanaman lain. Contohnya seperti cara stek pucuk tanaman hias, cara stek lidah mertua, cara stek daun bunga gloxinia dan cara stek gelombang cinta.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Stek