Sponsors Link

Kenapa Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Pada Musim Kemarau?

Jika Anda melihat sekumpulan pohon jati pada musim kemarau, Anda mungkin akan melihat daun-daun jati berguguran di sekitar pohon tersebut. Oleh karena itu, akan dibahas mengenai alasan kenapa pohon jati mengugurkan daunnya pada musim kemarau.

Jati termasuk sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Jati tersebear luas mulai dari India, Myanmar, Laos, Kamboja, Thailand, Indonchina, hingga sampai ke Jawa.

Alasan Kenapa Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Pada Musim Kemarau

Tanaman ini tumbuh di hutan-hutan gugur yang menggugurkan diri di musim kemarau. Lalu, kenapa pohon jati menggugurkan daunnya pada musim kemarau.

Pohon jati menggugurkan daunnya di musim kemarau untuk beradaptasi dan bertahan hidup. Hal ini sebenarnya juga terjadi pada pohon lainnya, seperti pohon petai, pohon mahoni, pohon akasia, dan pohon albasiar.

Baca juga cara budidaya pohon gmelina arborea alias jati putih, tips agar bunga petai tidak rontok, dan cara jitu dan mudah budidaya pohon damar.

Pohon jati menggugurkan daunnya dengan tujuan untuk mengurangi penguapan air. Cadangan air pohon jati berada di akar pohon. Cadangan air tersebut hanya dapat bertahan hingga musim kemarau selesai.

Selain itu, pada musim kemarau kadar air di dalam tanah akan semakin berkurang. Tumbuhan pun harus beradaptasi dengan musim kemarau dan sedikitnya pasokan air.

Pada musim kemarau, penguapan akan terjadi lebih tinggi. Jadi, apabila pohon jati tidak menggugurkan daunnya maka cadangan air akan terus habis dan pohon pun akan mati.

Dampak Gugurnya Daun-Daun Pohon Jati Pada Musim Kemarau

Daun-daun jati yang berguguran dapat menutupi tanah dan melapuk secara lambat. Hal ini dapat menyulitkan tumbuhan lain berkembang.

Guguran dedaunan pohon jati juga mendapat bahan bakar yang dapat menjadi pemicu kebakaran. Hal ini dapat dilalui oleh jati tetapi tidak oleh banyak jenis pohon lain.

Kebakaran hutan yang tidak terlalu besar malah mengakibatkan proses pemurnian tegakan jati. Maksudnya adalah biji jati terdorong untuk berkecambah saat jenis-jenis pohon lainnya mati.

Manfaat Daun Jati

Pohon jati tidak hanya dapat dimanfaatkan kayunya, tetapi daunnya pun dapat dimanfaatkan. Daun jati dapat digunakan sebagai pembungkus makanan.

Salah satu makanan khas Cirebon, yakni Nasi Jamblang menggunakan daun jati sebagai pembungkus makanannya. Kabarnya nasi yang dibungkus daun jati terasa lebih nikmat. Selain itu, daun jati juga banyak digunakan di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur sebagai pembungkus tempe.

Tips Menanam Pohon Jati

Bagi Anda yang ingin atau sedang menanam pohon jati, ada beberapa tips menanam pohon jati. Tips untuk menanam pohon jati diantaranya adalah:

Inilah pembahasan mengenai kenapa pohon jati menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Semoga bermanfaat.