Sponsors Link

Media Tanaman Hias Untuk Teratai dan Tips Menanamnya

Sponsors Link

Jika anda termasuk orang yang menyukai kolam ikan, pasti anda sering melihat tanaman cantik yang tumbuh di atas kolan-kolam.  Ya, itulah yang dinamakan bunga teratai.

ads

Berbeda dengan Cara Menanam Bunga mawar,  tanaman hias ini memang seringkali kita temui menghiasi kolam ikan, atau media-media air lainnya.  Bila anda termasuk pecinta teratai, dan ingin menanam serta memelihara bunga teratai, simak artikel berikut karena kami akan memberikan semua informasinya untuk anda.

Mengenal Tanaman Hias Teratai

Teratai adalah tanaman hias yang tumbuh di air.  Bunga yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama water lily ini memang sangat indah. Teratai mempunyai akar rimpang, dimana perpanjangan dari akar itulah yang akan menjadi batang tempat tumbuhnya bunga-bunga teratai.

Tanaman ini biasanya terdiri dari warna putih dan merah muda.  Teratai mempunyai daun lebar yang terlihat mengambang di permukaan air. Untuk informasi mengenai tanaman air lainnya, anda bisa klik di sini.

Sifat-sifat Bunga Teratai

Sebelum kita mulai menanam tanaman hias teratai, ada baiknya kita mengenal dulu sifat-sifat mereka.

  • Teratai merupakan tanaman air, yang bunganya mengambang di permukaan air
  • Teratai bisa hidup di berbagai jenis air, termasuk air yang sangat kotor dan berlumpur.  Bahkan, semakin kotor airnya, semakin cemerlang warna bunga yang dihasilkan.
  • Teratai sangat menyukai air yang hangat dan tidak terlalu dingin.

Media Tanam Bunga Teratai

Walaupun aslinya merupakan tanaman air, namun selain mempunyai media tanam air, teratai bisa juga ditanam di dalam pot menggunakan media tanah.

 Tetapi, berbeda dengan cara menanam anggrek ekor tupai yang harus dimasukkan ke dalam pot berlubang agar air tidak menggenangi pot, teratai justru harus ditempatkan ke dalam pot yangtidak berlubang.  Fungsinya tentu agar air tidak terbuang.

Cara Menanam Tanaman Hias Teratai

  • Siapkan bibit teratai, pot, pupuk, dan tanah yang akan menjadi media tanam
  • Masukkan tanah ke dalam pot , kemudian campur dengan pupuk NPK dan juga air.
  • Simpan bibit teratai dengan cara agak ditekan ke dalam tanah
  • Siram dengan air

Tips Merawat Tanaman Teratai

Ada banyak tips yang bisa anda terapkan dalam merawat tanaman hias teratai, agar menjadi tumbuh subur dan sehat:

  • Komposisi tanah yang baik untuk menanam teratai adalah 60% dari tanah liat, dan sisanya dari pasir.  Tetapi bila tak ada, anda bisa menggunakan tanah apapun yang tersedia.
  • Saat menanam, simpan pot teratai dalam ember atau kolam yang dangkal.  Usahakan tinggi air mencapai tinggi pot.
  • Setelah beberapa hari, taruh pot teratai ke dalam air yang lebih dalam.
  • Jaga suhu air jangan sampai di bawah 21°C, karena jika terlalu dingin, taaman teratai akan sulit untuk bertahan.
  • Teratai, seperti juga Bunga matahari, membutuhkan sinar matahari untuk dapat berfotosintesis, tetapi hati-hati jangan sampai terlalu panas karena bisa mengakibatkan daun yang lemah menjadi terbakar bila tak ada yang menaungi.
  • Buang daun-daun atau bunga yang menguning atau sudah layu
  • Selalu perhatikan dosis yang tepat saat memberi pupuk.  Jangan terlalu banyak memberi pupuk ke dalam air, karena dapat mengundang alga untuk tumbuh lebih banyak

Nah, itulah informasi yang lengkap tentang media tanam tanaman hias teratai dan tips cara merawatnya.

Semoga informasi ini berguna bagi anda yang berencana untuk menanam teratai dalam waktu dekat. Bila anda mengalami kesulitan dalam merawat tanaman hias teratai atau bunga lainnya seperti Bunga Putri Salju, jangan lupa untuk mencari informasinya di situ ilmubudidaya.com ini ya.  Selamat bercocok tanam!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman Hias