Sponsors Link

Mengapa Bunga Matahari Selalu Menghadap ke Arah Matahari

This image has an empty alt attribute; its file name is Bunga-Matahari-Helianthus-annuus.jpgBunga matahari atau Helianthus annuuss L. merupakan bunga kenikir-kenikiran yang populer. Bunga ini banyak dimanfaatkan menjadi tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak bunga matahari. Selain itu, biji bunga matahari juga biasanya dimanfaatkan menjadi camilan bergizi tinggi yang disebut juga dengan kwaci.

Salah satu pemanfaatan dari bunga matahari yaitu dijadikan sebagai sumber minyak, baik untuk bahan pangan maupun untuk industri. Minyak dari bunga matahari rupanya cocok untuk dijadikan bahan untuk menggoreng, mengentalkan, atau pun dijadikan sebagai campuran salad. Minyak bunga matahari memang kaya akan asam linoleat yang sangat baik bagi kesehatan manusia.

Bunga matahari merupakan bunga yang berasal dari daerah Amerika Tropik bagian utara, terutama Meksiko. Tanaman bunga ini memiliki tinggi mencapai 3 hingga 5 meter.

Bunga ini terdiri dari dua tipe, yaitu bunga tepi atau bunga lidah, dan juga bunga tabung. Bunga yang banyak menghasilkan biji yaitu bunga tabung karena sifatnya yang fertil. Bunga matahari bukan merupakan jenis bunga yang cocok ditanam di pot.

Cara menanam bunga matahari tidak terlalu sulit. Bunga matahari banyak tumbuh dengan baik di tanah yang subur dan memiliki suhu udara hangat. Tumbuhan ini memang menyenangi suasana yang cerah dan banyak mendapatkan sinar matahari. 

Bunga ini cocok untuk ditanam ditempat berikllim subtropis. Di tempat beriklim tropis, bunga ini akan cocok ditanam di daerah dataran tinggi. Sedangkan di daerah beriklim sedang, bunga ini hanya bisa tumbuh pada musim semi hingga musim gugur karena tidak tahan terhadap udara yang terlalu dingin dan bersalju. Anda bisa cek kenapa bunga matahari layu.

Bunga matahari ini memiliki penampilan yang indah dengan bunganya yang berwarna kuning terang dan berbentuk lingkaran besar yang bisa mencapai 30 cm. Karena penampilannya yang bulat dan cerah seperti matahari, bunga ini dinamakan dengan nama bunga matahari.

Selain bentuknya yang mirip matahari, bunga matahari juga memiliki ciri khas yaitu bunganya selalu menghadap atau condong ke arah matahari. Sifat ini bisa disebut juga dengan istilah heliotropisme. Hal ini akan membantu cara merawat bunga matahari agar cepat berbunga

Rupanya, sifat bunga matahari yang selalu menghadap ke arah matahari ini dipengaruhi oleh hormon auksin. Bunga matahari memang menyimpan hormon auksin. Hormon ini merupakan hormon yang mengendalikan pertumbuhan tanaman.

Pada bunga matahari, jumlah auksin yang lebih banyak ada di sisi bunga yang jauh dari sinar matahari. Hal ini menyebabkan batang bunga matahari akan tumbuh ke arah sinar matahari, sehingga bunganya akan selalu menghadap ke arah matahari.

Di pagi hari, bunga-bunga matahari akan menghadap ke arah matahari terbit yaitu menghadap ke arah timur seperti menyambut datangnya matahari. Bunga matahari yang menghadap ke arah cahaya ini akan menarik perhatian serangga karena terlihat lebih jelas.

Serangga yang hinggap di bunga matahari akan membantu penyerbukan silang bunga. Bunga yang selalu menghadap matahari juga memiliki keuntungan lebih untuk proses fotosintesis yang memang membutuhkan cahaya matahari sebagai sumber energi.

Meskipun begitu, ternyata bunga matahari yang sudah tumbuh atau mekar sempurna tentu tidak lagi membutuhkan banyak hormon auksin. Sehingga, bunga matahari yang sudah mekar sempurna tidak lagi memiliki sifat heliotropis. Bunga ini sudah tidak akan bergerak lagi berdasarkan arah matahari. Simak mengenai cara menanam bunga French Marigold untuk bunga indah lainnya. 

Demikian penjelasan mengenai jawaban mengapa bunga matahari selalu menghadap ke arah matahari. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab keingin tahuan pembaca.

, , ,
Oleh :
Kategori : Bunga