Sponsors Link

Cara Memilih Bibit Cengkeh yang Bagus

Sponsors Link

Cengkeh merupakan komoditas unggulan yang bernilai jual tinggi. Maka jangan heran jika para petani sangat merawat serta menyayangi pohon cengkehnya. Bayangkan, satu pohon cengkeh saja bisa menghasilkan keuntungan puluhan juta rupiah.

ads

Namun dibalik itu, cara memilih bibit cengkeh yang bagus merupakan kunci keberhasilan yang wajib diketahui para petani cengkeh. Tidak berlaku pada cengkeh saja, tetapi cara memilih bibit pepaya california yang bagus juga perlu dipelajari dengan cermat oleh pembudidayanya.

Bagi Anda yang berminat untuk memulai budidaya tanaman cengkeh dengan hasil panen melimpah seperti menanam mangga agar cepat berbuah, maka silahkan mempelajari cara memilih bibit cengkeh yang bagus di bawah ini.

Tips Memilih Bibit Cengkeh Berkualitas

Pohon cengkeh adalah pohon yang sangat unik dan istimewa karena mampu bertahan hingga puluhan tahun. Dan selama itu, jika dirawat dengan baik dan benar, maka setiap tahunnya akan menjadi pohon keberuntungan yang banyak mendatangkan keuntungan dari hasil panennya.

Pohon cengkeh umumnya dikembangbiakkan secara generatif atau melalui bijinya. Untuk itulah dalam cara memilih bibit cengkeh yang bagus perlu adanya pengetahuan tentang langkah memilih biji cengkeh unggulan yang memenuhi syarat untuk ditanam.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan bibit cengkeh yang bagus.

  • Merawat pohon cengkeh yang akan dijadikan indukan

Langkah pertama dalam cara memilih bibit cengkeh yang bagus adalah dengan merawat pohon cengkeh yang kita jadikan indukan atau penghasil biji cengkeh unggulan. Pohon tersebut haruslah dirawat dengan istimewa dan diberi pupuk secara teratur, sama seperti cara merawat anggur brazil agar cepat berbuah.

Nah, syarat pohon cengkeh yang layak untuk dijadikan indukan adalah:

  1. Pohon cengkehnya haruslah sehat
  2. Pohon berdaun rimbun dan tidak pernah terserang penyakit atau hama
  3. Percabangannya rapat dan dimulai dari bawah
  4. Pohon cengkeh sebisa mungkin berbunga terus tiap kali musimnya
  5. Pohon telah berusia lebih dari 10 tahun

Untuk memndapatkan biji cengkeh yang berkualitas, saat akan mengambil bijinya, maka sisakan sebagian bunga tersebut kira-kira sebanyak 10 % tiap pohonnya. Sisakan pada pucuk pohonnya, karena pada bagian tersebut akan menghasilkan biji yang lebih besar dan berkualitas.

  • Ambil biji cengkeh yang telah masak

Bagaimana cara membedakan biji cengkeh yang sudah masak dan yang belum? Coba Anda perhatikan perubahan warna biji cengkeh tersebut. Jika biji telah berwarna ungu kehitaman, berukuran besar, serta berusia 4 – 5 bulan pasca panen. Atau bisa juga dilihat dari 9 – 10 bulan pasca bakal buah yang terjadi di bulan Nopember.


  • Kupas kulit bijinya

Setelah semua biji berkualitas telah dikumpulkan, maka langkah selanjutnya dalam cara memilih bibit cengkeh yang bagus adalah dengan menguliti biji tersebut. Usahakan saat mengubas kulit bijinya Anda tidak mengenai daging biji dan melukainya.

Jika biji mengalami luka, maka kemungkinan untuk bisa tumbuh akan sangat kecil. Kalau pun bertumbuh, maka tunasnya kurang baik dan mengalami sejumlah masalah dalam proses perkembangannya. Selanjutnya, cuci hingga bersih biji-biji yang Anda kupas tadi.

  • Sortir biji cengkeh tersebut

Penyortiran biji cengkeh sangat diperlukan untuk memisahkan biji yang berukuran kecil, memiliki bercak, serta tidak layak semai. Jika langkah-langkah di atas telah Anda kerjakan, maka cara memilih bibit cengkeh yang bagus telah rampung. Bibit pun sudah dapat disemaikan untuk ditanam kembali. Langkah ini panting juga dalam cara memilih bibit jahe merah.

  • Membeli bibit cengkeh di toko pertanian atau toko online

Sekedar tips bagi Anda yang tidak memiliki pohon cengkeh sendiri, atau tidak bisa mendapatkan bibit cengekeh secara langsung dari petaninya, maka Anda bisa memperolehnya di toko-toko pertanian atau via online. Pilihlah bibit yang dikemas secara khusus, yang dibungkus bersama dengan sekam atau juga serbuk kayu basah. Hal ini ditujukan agar bibit cengkeh tidak mudah kering sebelum digunakan.

Setelah belajar cara memilih bibit cengkeh yang bagus, kini saatnya kita menilik tentang cara penyemaian bibit cengekeh beserta cara penanamannya.

Cara Menyemai Bibit Cengkeh

Bibit cengkeh tidak menyukai suhu yang panas, maka saat Anda menyemai bibit tersebut, lakukanlah di tempat yang teduh dan terlindung dari pancaran sinar matahari secara langsung. Berikan pupuk dengan tepat setidaknya satu bulan sekali.

Bibit cengkeh yang bagus akan bertumbuh dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Batangnya lurus dan kokoh
  2. Berdaun lebar dan selalu terlihat basah
  3. Tidak berpenyakit
  4. Pada polibag ukuran 40 – 50 cm, bakal pohon tersebut sudah memiliki cabang

Cara Menanam Bibit Cengkeh

Setelah benih tersebut siap ditanam dan dipindahkan ke lahan perkebunan, maka kita sudah bisa melakukan proses penanaman. Lakukan tahapan menanam cengkeh dengan langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan terlebih dahulu lahan pertanian yang akan dipakai. Lahan untuk menanam cengkeh tentu haruslah luas, karena pohon cengkeh nantinya akan berukuran besar dan ditanam dalam jumlah yang cukup banyak.
  2. Bersihkan dari gulma atau sisa tanaman lainnya yang kemungkinan akan mengganggu.
  3. Gemburkan lahan pertanian dengan cara mencangkulnya. Selepas itu, tinggalkan lahan selama kurang lebih satu minggu untuk menghilangkan racun-racun yang mungkin masih menempel pada permukaan tanah.
  4. Pastikan kadar pH dalam lahan pertanian cengkeh tersebut lebih dari 5. Tanah dengan pH terlalu rendah atau asam tidak cocok untuk menanam cengkeh. Jika pHnya masih dibawah 5, Anda bisa menaburlan dolomit dengan dosis 1 ton / hertare.
  5. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 75 x 75 x 75 cm, lalu taburi dengan pupuk kandang yang bisa Anda buat sendiri melalui cara membuat pupuk kandang dari kotoran ayam dengan em4. Tinggalkan selama kurang lebih 1 bulan agar pupuk meresap dengan sempurna.
  • Perawatan Tanaman Cengkeh

Perawatan pohon cengkeh haruslah dilakukan secara intens, terlebih untuk pohon muda yang berusia 1 – 5 tahun. Tujuannya tentu saja agar pohon dapat bertumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga melimpah. Jika perawatannya dilakukan dengan benar, maka pohon tersebut akan berumur panjang dan produktif selama pohon tersebut bertahan hidup.

Adapun cara perawatan pohon cengkeh sama dengan perawatan tanaman budidaya lainnya seperti cara budidaya jamur janjangan sawit atau cara budidaya bawang merah di musim kemarau

Itulah sekilas tentang cara memilih bibit cengkeh yang bagus, semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam mengembangkan budidaya cengkeh yang sangat menguntungkan ini.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tanaman