Sponsors Link

Cara Memilih Bibit Kacang Hijau yang Baik dan Unggul Ditanam

Sponsors Link

ads

Kacang hijau merupakan sejenis tanaman palawija yang banyak dijumpai di Indonesia. Cara memilih bibit kacang hijau yang baik juga cukup mudah. Cara menanam kacang hijau juga bisa Anda ikuti.

Caranya tentu berbeda dengan cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal. Makanan olahan dari  hijau juga banyak digemari, baik sebagai bubur kacang hijau, kolak kacang hijau, maupun sebagai isian kue lainnya.

Kacang hijau merupakan sumber pangan yang memiliki kandungan protein tinggi. Bagian biji kacang hijau memang bisa direbus hingga lunak lalu dikonsumsi manusia. Simak cara menanam kacang merah.

Cara memilih bibit kacang hijau yang baik memang cukup mudah, namun harus diperhatikan dengan baik dan dilakukan dengan benar. Hal ini penting karena bibit kacang hijau yang baik bisa menghasilkan tanaman yang baik juga.

Simak juga tentang cara menanam kacang tanah. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai cara memilih bibit kacang hijau yang baik:

  • Ambil bibit langsung dari tanaman kacang hijau

Untuk mendapatkan bibit tanaman kacang hijau yang baik, sebaiknya Anda ambil bibit tersebut langsung dari tanaman kacang hijau. Pilihlah tanaman yang baik dan sehat untuk diambil bagian bijinya sebagai bibit.
Nantinya, biji kacang hijau ini akan dikeringkan, lalu diproses dengan cara tertentu agar bisa tumbuh kecambahnya.

  • Pilih bibit dengan masa pertumbuhan bibit seragam

Supaya tanaman kacang hijau dapat tumbuh dengan bersamaan dan sama-sama memiliki kualitas yang baik, piluh bibit dengan masa pertumbuhan bibit yang seragam.
Hal ini bisa Anda capai dengan cara mengambil bibit dari tanaman yang sama. Jika hal ini masih kurang, Anda bisa mengambil bibit dari tanaman kacang hijau yang berbeda-beda namun memiliki masa pertumbuhan bibit yang seragam. Jika penasaran, ikuti cara tumpang sari jagung dan kacang tanah.

  • Pilih bibit kacang hijau yang berkualitas dan dari tanaman dengan banyak akar

Agar tanaman kacang hijau bisa tumbuh dengan baik dan sehat, pilih bibit kacang hijau yang berkualitas dan dari tanaman kacang hijau dengan banyak akar.
Hal ini penting karena tanaman yang memiliki banyak akar berarti tanaman kacang hijau tersebut sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Tanaman yang baik tentu kemungkinan besar akan menghasilkan bibit yang bisa tumbuh dengan baik juga.


 

  • Pilih bibit dari tanaman yang dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru

Anda tentu menginginkan bibit kacang hijau yang bisa menghasilkan tanaman yang dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru atau di berbagai jenis lingkungan.
Untuk itu, Anda perlu pilih bibit kacang hijau dari tanaman yang dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru.

  • Tahan terhadap serangan hama dan penyakit

Serangan hama dan penyakit bisa merusak dan menghambat pertumbuhan tanaman kacang hijau.
Untuk itu, pilihlah bibit kacang hijau dari tanaman yang telah terbukti tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Demikian penjelasan mengenai cara memilih bibit kacang hijau yang baik. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik