Sponsors Link

Inilah 5 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Selalu Berbunga

Sponsors Link

Bunga mawar adalah salah satu jenis tanaman yang selalu menghiasi pekarangan bunga dan bunga ini banyak disukai masyarakat Indonesia, karena memiliki keindahan dari segi rupa.

ads

Bunga mawar seringkali menjadi simbol keindahan dan menjadi indikator keindahan pekarangan rumah. Untuk menanam bunga mawar di pekarangan rumah, bukanlah hal yang mudah dan ada berbagai perawatan yang harus dilakukan.

Berikut ini adalah cara merawat bunga mawar agar selalu berbunga:

1. Penyiraman rutin

Penyiraman adalah proses penting untuk perkembangan tanaman dan penyiraman menjadi salah satu cara mengawetkan bunga mawar agar tidak layu.

Bunga mawar adalah mahluk hidup yang sangat membutuhkan air dan bisa tumbuh dengan sehat, apabila disiram secara rutin. Waktu penyiraman yang paling tepat adalah pagi hari, saat matahari baru muncul dan sore hari saat matahari sudah mulai tenggelam.

Minimal penyiraman bunga mawar adalah 1 kali sehari dan dengan penyiraman rutin, akan membuat kondisi tanah menjadi lembap. Bunga mawar yang tumbuh sehat, tentu akan memancarkan keindahan dan bisa menambah suasana nyaman di sekitar rumah.

Bunga mawar menjadi salah satu tanaman rumahan yang sangat populer di Indonesia dan biasanya di tanam di pot sekitar pekarangan rumah.

2. Hilangkan hama

Bunga mawar tidak akan terlepas dari gangguan gulma atau tanaman pengganggu dan ada banyak hama yang biasanya mengintai bunga mawar.

Gulma yang ada di sekitar bunga mawar, harus dicabut atau diberantas sampai ke bagian akarnya dan ada berbagai cara memilih bibit bunga mawar yang kuat terhadap berbagai gulma. Hewan pengganggu juga sangat mengancam keberadaan bunga mawar dan pemberantasan harus dilakukan secara cepat.

Hama yang biasanya menyerang adalah hama ulat dan berbagai hama kecil lainnya. Pemberantasan hama juga bisa dilakukan dengan penggunaan pupuk kimia maupun alami, namun pupuk kimia biasanya memiliki efek lebih lama dan penggunaan pupuk kimia, kini sudah banyak ditinggalkan para pecinta tanaman.

3. Pemberian pupuk

Pemberian pupuk adalah hal penting dalam proses penanaman bunga mawar dan pemberian pupuk bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk alami atau pupuk kimia.

Pemberian pupuk alami menjadi salah satu cara menanam bunga mawar dari biji dan pupuk alami tidak akan menyebabkan efek samping bagi tanaman.

Penggunaan pupuk kimia juga tidak akan menimbulkan efek samping, apabila digunakan sesuai aturan pakai atau sesuai dosis.


4. Pemangkasan daun

Bunga mawar yang tumbuh dengan sehat, perlu dirawat dengan baik dan salah satu perawatan untuk menunjang pertumbuhan bunga adalah pemangkasan daun.

Bunga mawar yang sudah dipetik juga bisa ditanam kembali dan ada berbagai cara menanam bunga mawar yang sudah dipetik. Bunga mawar akan tumbuh sehat, jika pemangkasan daun dilakukan tepat waktu dan ada berbagai keuntungan yang diraih dari pemangkasan daun pada tanaman mawar.

5. Penyinaran

Tanaman pada dasarnya membutuhkan asupan cahaya dan proses penyinaran yang baik, akan membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik.

Bunga mawar adalah bunga yang bisa dirangkai menjadi hiasan rumah dan ada berbagai cara merawat bunga mawar yang sudah dirangkai. Bunga mawar memang selalu menjadi pilihan pertama dalam hal keindahan rumah dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara merawat bunga mawar agar selalu berbunga dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Bunga