Buah Buahan

11 Jenis Anggur yang Cocok di Daerah Panas

Anggur merupakan salah satu jenis tanaman buah yang tumbuh merambat. Tidak hanya enak dimakan, namun buah juga ini memiliki ragam kandungan vitamin dan mineral.

Selain sumber vitamin, anggur juga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Dengan senyawa aktifnya, buah anggur dapat membantu memperlancar aliran darah yang kemudian berdampak pada penurunan resiko penyakit jantung, meningkatkan imunitas, serta merangsang produksi lemak baik dalam tubuh.

Rasa yang nikmat dan kaya manfaat menjadikan anggur sebagai buah dengan peminat besar dan pilihan alternatif budidaya.

Berbagai cara menanam anggur di daerah tropis, cara mudah menanam anggur dari biji, cara menanam hidroponik anggur sederhana, dan cara stek anggur yang benar agar berbuah subur terus dikembangkan dalam dunia pertanian.

Kemudian yang juga menjadi pertimbangan adalah pilihan jenis anggur yang tepat untuk ditanam di daerah panas agar budidaya dapat berhasil. Berikut jenis anggur yang cocok ditanam di daerah panas:

1. Anggur Jupiter

Anggur jupiter merupakan bagian dari kelompok anggur meja. Yaitu jenis anggur yang umumnya memiliki buah cukup besar dan tingkat produktifitas yang juga cukup tinggi. Anggur jenis ini kebanyakan dikonsumsi dalam keadaan segar.

Keunggulan lainnya yang dimiliki anggur jupiter adalah cita rasanya yang manis, tandan buah besar, mudah berbuah, dan dapat ditanam dalam pot.

Anggur jupiter juga memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Jenis anggur ini bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi serta tidak terpengaruh dengan perubahan suhu, sehingga sangat cocok ditanam di daerah panas.

2. Anggur Harold

Yang paling terkenal dari jenis anggur ini adalah tingkat adaptasinya yang tinggi. Anggur harold dapat tumbuh di segala bentuk lahan pertanian dan mampu bertahan serta berkembang dengan amat baik di kondisi iklim Indonesia tanpa memerlukan trik perawatan khusus.

Anggur harold memiliki warna kuning kehijauan yang sangat cantik dan rasa asam manis yang segar. Namun tidak hanya tampilan yang menarik, anggur ini juga memiliki tekstur daging yang renyah dan padat, aroma segar, tandan buah yang besar, mudah berbuah,cocok ditanam dalam pot serta tahan pada berbagai jenis serangan hama.

Anggur harold dapat mulai dipanen ketika berumur 1 – 2 tahun. Anggur ini pun hanya memerlukan waktu 95 – 100 hari untuk proses pematangan buah.

3. Anggur Ninel

Anggur ninel merupakan anggur impor dari Ukraina. Namun demikian, anggur ini dapat beradaptasi dengan iklim Indonesia dan mampu menghasilkan buah siap panen yang berkualitas.

Anggur ini memiliki cita rasa manis yang khas serta bentuk buah yang cantik dengan warna merah keunguan dan lapisan kulit tipis.

Selain itu, ukuran buah jenis anggur ini juga terbilang besar. Begitu pula dengan ukuran tandannya yang bisa mencapai 1000 – 3000 gram.

Anggur ninel termasuk golongan anggur dengan tingkat produktifitas yang sangat tinggi. Hasil panen dapat mulai dirasakan sejak anggur berumur 1- 2 tahun dengan kuantitas yang besar. Anggur ninel juga dapat berbuah sepanjang tahun tanpa terpengaruh perubahan musim dan iklim.

Selain cocok ditanam di daerah panas, anggur ini juga menjadi pilihan tepat untuk ditanam dalam pot jika tidak mempunyai cukup lahan untuk pertanian.

Kemampuan adaptasi yang tinggi serta sifat yang gampang berbuah, menjadikan anggur ninel sangat tepat bagi para petani pemula.

4. Anggur Julian

Anggur julian merupakan salah satu jenis yang paling populer di kalangan pecinta anggur yang tidak memiliki cukup lahan untuk berkebun. Anggur ini dapat berkembang dengan sangat baik di dalam pot dan memiliki tingkat adaptasi yang sangat tinggi.

Tanaman anggur ini memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi. Anggur julian juga sangat menyukai tempat dengan banyak sinar matahari, bahkan di daerah dengan kondisi panas anggur ini tetap menghasilkan buah yang manis dan berkualitas.

Karakteristik anggur julian yaitu memiliki daging buah yang tebal, padat, renyah dan biji pada bagian dalamnya. Sedangkan dari luar, anggur ini terlihat berwarna merah muda dengan sedikit warna kuning dan berbentuk oval.

5. Anggur Black Panther

Anggur black panther merupakan salah satu jenis anggur terbaik. Anggur ini memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi, dapat tumbuh di berbagai lokasi perkebunan dan daerah tropis. Namun tidak hanya panas, anggur black panther juga tahan pada suhu dingin yang extreme.

Waktu pematangan buah yang diperlukan oleh anggur black panther berkisar selama 100 hari. Dengan hasil buah berwarna hitam, kulit buah yang tebal, daging buah yang renyah dan cita rasa manis yang menyegarkan.

6. Anggur Victor

Jenis anggur victor memiliki warna merah muda dengan sedikit nuansa kuning yang kemudian berubah menjadi merah atau ungu tua setelah matang. Anggur ini memiliki daging buah yang padat dan kandungan air yang cukup tinggi. Begitu pula dengan kulitnya yang lebih tebal dibanding jenis lain, namun masih tetap mudah untuk dimakan.

Dalam perawatannya, anggur victor memerlukan sedikit perhatian lebih jika dibandingkan jenis anggur lainnya. Namun begitu, tandan buah yang dihasilkan tergolong besar dan waktu pematangan yang dibutuhkan relatif singkat.

Kelebihan lain anggur victor adalah kemampuan reproduksi yang tinggi. Dengan cara menanam cangkokan anggur di halaman rumah paling mudah untuk membudidayakan tanaman buah ini.

7. Anggur Akademik Avidzba

Memiliki bentuk yang unik, perawatan yang mudah dan kemampuan adaptasi yang tinggi menjadikan anggur akademik avidzba sebagai pilihan terbaik untuk ditanam di daerah panas dan bagi para pemula yang ingin memelihara tanaman anggur.

Waktu yang diperlukan anggur akademik avidzba untk menghasilkan buah adalah selama 1 – 2 tahun. Kemudian mencapai puncak produksi pada usia 4 tahun.

Buah anggur ini berbentuk lonjong dengan warna ungu tua dan rasa manis sedikit keasaman. Kelebihan lain yang dimilikinya adalah ketahanan terhadap serangan hama dan tahan pada daerah yang panas.

8. Anggur Dixon

Jenis anggur ini memiliki bentuk buah yang bulat memanjang dengan ukuran yang cukup besar. Cita rasa yang dihasilkan juga dominan manis dengan sedikit asam. Namun anggur dixon memiliki waktu pematangan yang sedikit lebih lama dibandingkan jenis anggur lainnya yaitu selama 120 – 125 hari.

Keunikan yang dimiliki anggur dixon adalah warna buahnya yang akan sedikit berubah tergantung suhu perkebunan tanaman ini di budidayakan. Meskipun begitu, cuaca dan suhu lingkungan tidak akan memengaruhi rasa dan kuantitas buah yang dihasilkan.

Anggur dixon merupakan salah satu yang paling direkomendasikan untuk ditanam pada daerah panas karena memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi dan tahan pada serangan jamur.

9. Anggur Taldun

Di Indonesia jenis anggur ini sering di kenal dengan nama anggur ningrat. Hal ini karena buahnya yang berwarna merah segar dan berukuran besar.

Meskipun lebih mahal dibanding anggur lain, cita rasa yang manis daging buah yang tebal dan tekstur yang renyah menjadikan anggur ini tetap diminati.

Tanaman anggur taldun dapat beradaptasi dengan baik meskipun di dataran tinggi maupun rendah dan pada kondisi yang panas.

Anggur taldun tidak memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya, yang penting untuk diperhatikan hanya pemilihan pupuk untuk anggur cepat berbuah dan tips perawatan yang tepat.

10. Anggur Everest

Anggur everest tergolong jenis anggur yang masih cukup langka untuk di budidayakan. Namun demikian anggur ini memiliki kualitas yang baik dan direkomendasikan untuk ditanam pada daerah panas.

Perawatan tanaman anggur ini juga tidak memerlukan perlakuan khusus disamping memang kemampuan adaptasinya yang tinggi dan tahan pada berbagai serangan hama.

11. Anggur Baikonur

Keunggulan utama anggur baikonur adalah daya tahannya yang bisa sampai beberapa hari. Sehingga masih tetap segar meskipun setelah mengalami proses pengiriman selama beberapa hari.

Anggur baikonur juga dapat bertahan pada suhu maksimal 35⁰c dan minimal -23⁰c serta tahan terhadap serangan jamur yang terdapat pada perkebunan anggur. Ukuran tandan yang dihasilkan dari hasil panen anggur ini pun cukup besar dengan buah yang juga relatif besar dibandingkan jenis anggur lainnya.

Ada beragam jenis anggur yang saat ini dapat di budidayakan pada daerah panas. Bahkan tanaman anggur tersebut juga dapat di kembangkan dengan cara budidaya anggur di halaman rumah. Meskipun sebagian besar tidak memerlukan perawatan khusus tetap penting untuk memngrtahui jenis hama tanaman anggur dan pencegahannya agar buah yang dihasilkan lebih berkualitas.

Recent Posts

6 Pupuk untuk Tanaman Hias Agar Subur

Selain air dan sinar matahari, pupuk merupakan salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan untuk…

5 months ago

5 Penyebab Kutu Putih pada Tanaman

Seperti gulma yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman, kutu putih juga merupakan salah satu hama yang…

5 months ago

Cara Menanam Euphorbia dalam Pot

Euphorbia merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Padahal, tanaman ini…

7 months ago

Sekam Padi : Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Sekam padi adalah salah satu sisa pertanian yang sering diabaikan, tetapi memiliki potensi besar untuk…

8 months ago

Dampak Menggunakan Sekam Padi

Sekam padi adalah sisa kulit luar butir padi setelah proses penggilingan beras. Sekam ini berwarna…

8 months ago

4 Cara Menanam Cabe Langsung di Tanah

Cabe merupakan salah satu komoditas yang paling banyak digunakan untuk memberikan cita rasa lezat dalam…

8 months ago