Sponsors Link

10 Manfaat Menanam Tumbuhan di Sekitar Rumah dan Lingkungan

Pemanasan global menjadi issue yang tidak ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari semakin menyempitnya hutan sebagai paru-paru dunia, peningkatan polusi udara akibat asap kendaraan dan industry, hingga pencemaran lingkungan seperti pencemaran tanah, air, dan udara.

Untuk itu seluruh dunia mengkampanyekan untuk mencintai bumi yang semakin tua Inilah Fungsi Budidaya Tanaman Hias Bagi Lingkungan. Salah satunya adalah dengan menanam tanaman setidaknya di lingkungan terdekat, rumah.

Manfaat Menanam Tanaman Di Lingkungan Rumah

Lalu apa saja manfaat yang didapat dengan menanam tumbuhan disekitar rumah? Berikut penjelasannya.

1. Merindangkan lingkungan sekitar

Seperti yang kita tahu fungsi tanaman adalah untuk membersihkan udara yang kotor di sekitar lingkungan. Fungsi utama tersebut didukung dengan adanya proses fotosintesis yang dilakukan oleh tanaman.

Fotosintesis ini akan merubah karbondioksida dan beberapa gas tidak bersih lainnya, kemudian di masak dengan bantuan sinar matahari pada bagian daun tumbuhan. Yang hasil akhir dari proses fotosintesis tersebut adalah gas oksigen yang merupakan gas utama untuk makhluk hidup bernafas.

Semakin banyak pohon atau tumbuhan di sekitar rumah maka semakin banyak oksigen yang dihasilkan dan semakin sejuk udara di sekitar rumah Manfaat dari Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup.

2. Mempercantik lingkungan rumah

Manfaat menanam tumbuhan disekitar rumah yang bisa kita dapat lainnya adalah dapat mempercantik dan sebagai dekorasi rumah. Tumbuhan yang dapat ditanam tidak selamanya tumbuhan buah atau pohon-pohon besar.

Tanaman hias, bunga, dan beberapa tumbuhan lain yang berukuran kecil juga dapat ditanam. Bagi yang tidak memiliki tempat untuk menanam tanaman, tidak perlu khawatir.

Di era sekarang yang jumlah penduduk semakin banyak dan lahan untuk membangun rumah semakin minimal, banyak sekali hunian yang tidak memiliki halaman.

Untuk tetap memiliki tumbuhan disekitar rumah, kita dapat mengakalinya dengan menggantung pot-pot tumbuhan atau menempelkannya pada dinding yang terdapat trails sebagai tempat menempelkan pot Tips dan Hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat dan Menanam Bunga Gantung 

3. Mengurangi suara bising

Ternyata banyak yang tidak tahu bahwa dengan menanam tumbuhan khususnya pohon dapat meredam kebisingan. Tentu manfaat menanam tumbuhan ini cocok diterapkan bagi pemukiman yang berada dekat dengan pinggiran jalan besar.

Selain itu tumbuhan juga dapat menyaring debu dan polusi yang dihasilkan oleh kendaraan sehingga udara disekitar rumah akan selalu bersih dan sehat.

4. Mencegah genangan air

Bagaimana bisa? Bagi yang memiliki halaman rumah, akankah ditanamai oleh rumput atau ditutup dengan paving block? Bagi yang berada di perkotaan pasti lebih memilih untuk menutup halaman rumah dengan paving block untuk mempermudah saat pembersihan.

Padahal fungsi tumbuhan lainnya adalah mencegah genangan air karena meresap kedalam tanah dan air tersebut disimpan oleh akar tanaman. Tentu air lebih cepat surut jika halaman berupa tanah diandingkan dengan paving blok. Namun kelemahan lainnya adalah halaman menjadi becek dan berlumpur. 

5. Sebagai sumber makanan

Manfaat menanam tumbuhan di sekitar rumah selanjutnya adalah sebagai sumber makanan Manfaat MEnanam SOrgum Untuk Petani Selain Sebagai Bahan Pangan.

Jika kita menanam pohon mangga, nangka, rambutan, tomat, dan beberapa tumbuhan yang menghasilkan buah dan sayur, tentu jika tumbuhan tersebut berbuah hasilnya dapat kita manfaatkan dan kita olah Manfaat yang Didapat Dengan Menanam Tanaman Obat di Pekarangan Rumah.

6. Sebagai pendingin alami

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama tumbuhan adalah mengubah karbondioksida menjadi oksigen.

Hal tersebut akan menyebabkan udara sekitar selain sejuk juga dingin. Meskipun seinar matahari terik jika banyak tanaman di sekitar rumah panas matahari tidak akan terasa.

7. Membantu mengurangi pemanasan global

Pohon akan mengurangi pemanasan global dengan cara mengurangi pencemaran udara khususnya karena udara-udara kotor dan karbondioksida diudara akan diubah semua oleh tumbuhan menjadi oksigen yang segar Alasan Pupuk Kimia Membahayakan Lingkungan dan Cara Menanggulanginya.

8. Mengganti kekurangan lahan hutan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hutan di Indonesia khususnya telah mengalami penyusutan yang luar biasa banyak. Lahan-lahan yang seharusnya ditumbuhi oleh tanaman besar untuk menghasilkan oksigen malah digunakan sebagai lahan perkebunan atau karena mengambil kayu dari pohon tersebut.

Untuk tetap memiliki “paru-paru negara”, kita dapat menggantu tumbuhan-tumbuhan di hutan yang ditebang dengan menanamnya di rumah. Bayangkan, 1 atau 2 buah pohon yang ditanam di rumah dipenjuru negri sudah berapa banyak pohon yang sudah tergantikan bukan? 

9. Media belajar anak

Dengan adanya tumbuhan di rumah kita dapat mengajarkan anak sejak dini untuk mencintai lingkungannya dan dapat sebagai media belajar anak untuk mengenal bagian-bagian dari tumbuhan itu sendiri.

10. Meningkatkan kualitas kesehatan

Manfaat terakhir dari menanam tumbuhan disekitar rumah adalah dapat meningkatkan kesehatan anggota keluarga kita Cara Menanam Bunga Insulin Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan.

Dengan diselimuti oleh udara yang bersih disekitar rumah, udara yang dihirup lebih bersih sehingga bernafas menjadi lebih berkualitas. selain bernafas, tidur pun akan berkualitas karena dengan udara bersih akan meningkatkan kenyamanan manusia saat tidur.

Tidur tidak banyak terintrupsi atau terganggu, sehingga saat terbangun di pagi hari badan akan terasa lebih bugar. Udara dan istirahat yang berkualitas akan membuat kesehatan anggota keluarga juga berkualitas,

Itulah kesepuluh manfaat yang diperoleh dari menanam tumbuhan di sekitar rumah. Menanam tumbuhan di rumah pun juga digencarkan baik oleh pemerintah dan organisasi pecinta alam untuk diterapkan demi membuat bumi sebagai tempat tinggal yang tidak hanya aman tetapi juga nyaman untuk ditinggali.

,