Sponsors Link

Media Tanam untuk Cabai dalam Polybag – Tips Menanam

Sponsors Link

media tanam untuk cabai dalam polybagKebutuhan akan cabai dirasakan sangat penting terutama oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu, ketika cabai sedang jarang dan harga di pasaran sedang melambung tinggi.

ads

Ada baiknya bila anda mencoba untuk menanamnya sendiri di halaman rumah, anda hanya memerlukan sebuah polybag saja untuk menanamnya.

Adapun bila anda menentukan media tanam untuk cabai dalam polybag maka bisa anda gunakan media tanah dan pupuk, berikut adalah beberapa tips yang harus anda perhatikan.

Gunakan Benih Yang Baik

Dalam sebuah budidaya cabai, menentukan benih yang baik tentunya bisa membuat tanaman anda tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

Apalagi bila anda menggunakan media tanam cabai pada sebuah polybag, maka pastikan agar cabe yang yang digunakan bukan cabe kering yang berasal dari pasar.

Ada baiknya bila anda mencari benih yang baik dari sebuah benih yang anda ketahui asal usulnya supaya hasilnya melimpah.

Teliti Dalam Memilih Pupuk

Setelah memilih benih yang sudah anda ketahui kualitasnya, anda bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya yakni proses penanaman. Benih cabai yang baik yang telah anda temukan selanjutnya  anda siapkan media tanam yang nantinya akan dimasukan pada polybag.

Beberapa media tanam yang bisa anda gunakan diantaranya seperti tanah, kompos atau pun juga dengan pupuk kandang. Ketahui juga oleh anda mengenai Tanaman Cabai Tiba-Tiba Layu untuk langkah pencegahan. Untuk pemilihan pupuk kandang, pastikan anda agar berhati – hati dan juga supaya teliti ketika hendak memilih pupuk kandang dan juga pupuk kompos.

Apabila anda hendak membeli pupuk kompos, anda pastikan lihat dulu isinya, karena sebuah pupuk kompos yang memiliki kualitas baik terlihat menghitam. Ketahui juga oleh anda  Tanaman Hidup untuk Aquarium bila anda memiliki akuarium.

Perhatikan perbandingan Dalam Menanam

Setelah anda mempersiapkan media tanam tanah dan juga pupuk untuk dimasukan ada polybag, pastikan anda untuk selalu memerhatikan sebuah perbandingan media tanam yang akan anda gunakan. Untuk media tanam tanah dan juga pupuk kandang, maka anda bisa campur secara merata dengan memberikan perbandingan 1 : 1 di setiap polybag nya.

Perhatikan juga isi media tanam yang akan dimasukan pada polybag, anda masukan sekitar 1/3 campuran media tanam saja untuk setiap polybag. Apabila anda selesai menggunakannya, bisa anda diamkan media tanam tersebut dalam dua hari. Kondisi tersebut dilakukan supaya adanya sebuah reaksi yang bisa menguntungkan yang bisa terjadi pada sebuah media tanam yang telah anda masukan. 


Memperhatikan Proses Persemaian

Salah satu hal yang sangat penting ketika anda hendak membudidayakan cabai adalah memiliki cabai yang tingkat kepedasan nya sangat baik. Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka anda haruslah memperhatikan proses persemaian.

Pada proses persemaian anda memerlukan waktu sekitar 15 sampai dengan 25 hari, anda juga bisa memakan waktu sampai dengan satu bulan menunggu benih tumbuh dalam media semai. Ketahui juga oleh anda Cara Stek Bunga Mawar bila anda hendak menanam bunga mawar.

Memperhatikan Proses Pemindahan Tanaman

Apabila anda sudah melihat tambahan sudah terlihat tumbuh pada media persemaian, maka anda bisa melakukan proses selanjutnya yakni memindahkan cabai pada polybag yang tadi telah disiapkan dan juga lebih besar. Beberapa polybag yang lebih besar diantaranya adalah seperti dengan memiliki diameter sekitar 30 cm atau bisa juga anda menggunakan 40 cm.

Pada saat hendak memindahkan tanaman yang barua anda semai, pastikan untuk sangat hati – hati ketika memindahkannya. Hal tersebut karena akar pada tanaman cabai yang baru di semai sangatlah rapuh, dan bila sampai putus maka tanaman cabai anda dipastikan tidak akan tumbuh dengan baik. Ketahui juga oleh anda beberapa alasan yang membuat Kenapa Tanaman Layu.

Ketika anda hendak mencari media lain yang lebih luas, seperti dengan memindahkan tanaman yang cabai yang baru di semai ke lahan tanah yang ada di halaman ataupun di kebun. Maka pastikan anda memperhatikan hal yang lain seperti dengan memperhatikan intensitas cahaya yang bisa didapatkan oleh tanaman cabai yang nantinya akan ditanamkan. 


Memperhatikan Pengairan dan Pemupukan

Anda juga harus memperhatikan sistem pengairannya, walau bagaimana pun juga sebuah tanaman akan bisa tumbuh dengan baik apabila diberi air yang cukup.

Pastikan anda tika menyiraminya secara berlebihan atau membuat tanaman cabai tergenang oleh air, bila hal tersebut terjadi maka bisa jadi tanaman anda akan layu dan membusuk. Ketahui juga cara Infus Tanaman dari Botol Bekas dan Jenis Tanaman Akuarium bila memiliki akuarium

Pemberian pupuk juga perlu anda perhatikan, hal ini untuk bisa menunjang pertumbuhan maksimal dari tanaman cabai anda meskipun berada di dalam polybag ataupun juga media tanam yang lebih luas. Untuk pemberian pupuknya anda bisa memberikan sebuah pupuk yang berkualitas seperti dengan menggunakan jenis pupuk NPK.

Anda juga bisa menggunakan jenis – jenis pupuk lain yang lebih aman dan alami seperti dengan menggunakan pupuk kandang dan juga dengan menggunakan pupuk kompos pada tanaman cabai anda. Setelah tanaman cabai yang anda tanam pada polybag telah siap untuk dipanen, pastikan anda untuk memperhatikan proses pemetikan cabai.

Anda bisa memetik cabai nya searah dengan lengkungan cabai, bila kesulitan anda bisa menggunakan gunting ketika hendak melakukan proses panen tanaman cabai nya. Ketahui juga oleh anda berbagai Tanaman Aquarium Tanpa co2 yang sangat cocok untuk ditanam bila anda memiliki akuarium.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan