Sponsors Link

7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium yang Pasti Menguntungkan

Sponsors Link

Cara budidaya udang air tawar di aquarium merupakan kosa kata yang paling banyak di cari dalam mesin pencarian. Sebagaimana kita tahu bahwa udang air tawar menjadi salah satu primadona produk hasil budidaya yang paling diminati.

ads

Konsumsi udang air tawar juga terus mengalami peningkatan secara signifikan dari waktu ke waktu. Pasar utama udang air tawar adalah para pemilik warung makan mulai dari warung kaki lima hingga restoran bintang lima yang sama-sama menyajikan udang sebagai menu makanan. Tingginya permintaan pasar akan udang air tawar justru tidak diimbangi dengan jumlah prosuksi di kalangan pembudidaya seperti juga pada cara budidaya udang vaname dengan plastik mulsa  .

Alsan klasik yang paling sering muncul adalah kondisi cuaca dan alam yang tidak mendukung. Sehingga terkadang dalam setengah masa budidaya sudah mengalami kegagalan bahkan saat panen produktifitas tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tentu saja hal ini menimbulkan sebuah polemik dimana harga udang air tawar selalu saja tinggi dipasaran sebagaimana cara budidaya lobster air laut .

Karena itulah, pangsa pasar konsumsi udang air tawar hanya menyosir kalangan menengah ke atas yang notabene adalah orang orang yang memiliki kemampuan mumpuni dari segi ekonominya.

Beberapa pembudidaya kemudian mulai memutar otak dan mencari alternatif budidaya yang bisa meminimalisir resiko. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah merubah lingkungan budidaya yang tadinya di tambah ke dalam kolam aquarium.

Rasanya sedikit nyeleneh, namun budidaya udang air tawar dalam aquarium dirasa menjadi pilihan paling tepat untuk mengintensifkan perawatan dan pemeliharaan yang pastinya bisa mendukung keberhasilan dalam budidaya seperti cara budiaya ikan air tawar cepat panen . Penasaran bukan, berikut 7 Cara Budidaya Udang Air Tawar Di Aquarium yang pasti menguntungkan.

1. Persiapan Media Budidaya (Aquarium)

Langkah pertama dalam budidaya ini, tentu saja harus mempersiapkan aquarium sebagaimana cara budidaya ikan black molly . Anda bisa dengan mudah mendapatkan aquarium di toko-toko penjualan, atau jika ingin membuatnya maka anda harus sedikit repot.

Untuk ukuran aquarium sebaiknya pilih yang ukurannya bervariatif, anda nanti bisa menyesuaikan dengan jumlah bibit yang akan dimasukkan kedalam aquarium. Sebagai dasar anda bisa menggunakan patokan 10 ekor udang untuk 1 meter persegi dengan tinggi akuarium 80-100 cm. Jika memutuskan untuk membuat aquarium sendiri maka pastikan gunakan kaca berukuran tebal.

2. Pemilihan Bibit 

Setelah persiapan aquarium selesai maka tahapan selanjutnya adalah memiliki bibit. Dalam hal ini pastikan Bahwa bibit yang akan digunakan merupakan bibit yang berkualitas dan juga memiliki produktifitas tinggi. Untuk mempermudah proses pemilihan bibit maka anda dapat menggunakan kriteria sebagai berikut :

  • Bibit yang dipilih merupakan bibit udang air tawar yang sehat dan tidak terpapar hama serta penyakit.
  • Memiliki warna kulit cerah mengkilap.
  • Memiliki gerakan yang aktif dan juga lincah.
  • Ukuran benih dan bobotnya seragam.
  • Serta benih memiliki ketahanan yang baik saat berada dalam perjalanan.
  • Idelanya gunakan benihbyang sudah memiliki bobot 0,1 gram-0,3 gram.
    Sponsors Link

3. Persiapan Pakan dan Vitamin

Hal yang juga harus diperhatikam dalam budidaya udang air tawar adalah persiapan pakan seperti cara budidaya ikan cupang halfmoon . Sebab tentunya hal ini menjadi salah satu kunci untuk bisa menghasilkan  udang yang berukuran besar dan memiliki nilai jual tinggi.

Jenis pakan dan jumlah pakan yang digunakan akan berpengaruh langsung erhadap pertumbuhan udang air tawar. Karena itu idealnya pakan udang air tawar harus memenuhi unsur unsur antara lain :

  • Biji jagung
  • Tepung terigu
  • Ketan padi
  • White germ meal
  • Rice brean

Untuk mempermudah memilih jenis pakan yang tepat anda bisa membelinya di toko pakan ikan dan udang. Tentunya selain lebih simple hal ini juga dirasa lebih praktis. Untuk vitamin sendiri anda juga bisa mendapatkannya di toko penjualan pakan  udang, pastinya vitamin yang diberikan harus mampu memberikan dampak baik bagi pertumbuhan dan gunakan vitamin yang sudah umum digunakan untuk udang. 

ads

4. Tahapan Budidaya

Tahapan budidaya dimulai dengan persiapan aquarium untuk budidaya sebagaimana cara budidaya ikan angelfish . Tahapan ini dilakukan melalui langkah langkah berikut ini :

  • Bersihkan aquarium dari kotoran atau juga debu yang menempel.
  • Isi aquarium menggunakan air bersih, cek pH air untik idealnya pH air budidaya haruslah berada pada angka 6-7.
  • Kemudian cek suhu air, idealnya adalah 25-26 derajat celciul.
  • Untuk menyediakan oksigen didalam kolam maka gunakan pompa atau aerator yang biasa digunakan dalam budidaya ikan hias.
  • Jangan lupa masukkan juga potongan paralon yang bersik kedalam aqurium, paralon ini kelak akan digunakan sebagai tempat persembunyian udang.
  • Biarkan selama beberapa hari, baru kemudian benih udnag tawar dapat ditebar dalam aquarium.
  • Pastikan populasi sesuai dengan luas aquarium, terlalu padat menyebar akan menimbulkan udang stres dan mengalami kematian.

5. Perawatan dan Pemeliharaan

Kunci dari suksenya sebuah budidaya tentu terletak pada faktor perawatan dan pemeliharaan yang intensif. Oleh sebab itu dalam budidaya udang air tawar di aquarium elemen perawatan dan pemeliharaan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pemberian Pakan

Pemberian pakan dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yakni pada pagi dan sore hari. Dengan komposisi 40% di pagi hari dan 60% di sore hari. Perlu diperhatikan bahwa saat pemberian pakan sebaiknya jangan sampai sisa pakan mengotori aquarium. Anda bisa memberikan pakan sedikit demi sedikit dan biarkan udang memakannya hingga habis, ketika sudah kenyang tentu mereka akan berhenti dengan sendirinya.

  • Menjaga Kualitas Air

Perlu diperhatikan juga mengenai kualitas air di dalam aquarium, sebab hal ini menjadi penting. Terlebih lagi aquariuk memiliki bidang yang sempit sehingga tentunya menumpuknya kotoran dama air akan bisa membawa dampak buruk terutama bagi kesehatan dan perkembangan udang air tawar.

Selain kualitas warna air juga harus diperhatikan sebab tentunya perubah warna mengindikasikan harus segera di lakukan penggantian air. Sebaiknya segera  ganti dengan air bersih yang baru, dengan memindahkan terlebih dahulu udang kedalam wadah lain, baru kemudian saat air sudah diganti dapat dimasukkan kembali kedalam aquarium.

  • Proses Pemijahan

Pemijahan merupakan proses alamiah yang akan dilakukan dengan sendirinya oleh udang. Proses ini relatif tidak membutuhkan bantuan manusia, sebab udang yang telah siap bereproduksi akan melakukan perkawinan dengan sendirinya. Anda hanya perlu menyiapkan aquarium pemijahan yang diisi 1 pejantan dan 2 betina. Selebihnya secara alamiah mereka akan melakukan proses perkawinan.

  • Pemisahan Ukuran 

Ketikan budidaya sudah berjalan lebih dari 4-5 bulan maka sudah saatnya anda melakukan pemisahan udang berdasrkam ukurannya. Hal ini bertujuan untuk memfokuskan pemberian pakan sesuai dengan komposisi bobot tubuh udang. Jika udang kecil dan besar di satukan maka yang ditakutkan adalah udang besar akan memakan jatah pakan udang kecil. Sehingga pada akhirnya pertumbuhan udang kecil menjadi terhambat. 

Sponsors Link

6. Persiapan Panen

Persiapan panen dilakukan minimal 1 minggu sebelum panen tiba seperti cara budidaya kepiting tembakau . Dimulai dengan mencari pengepul atau penampung hasil panen kita. Memeprsiapkan alat panen seperti saringan atau jaring. Dan yang tidak lupa adalah menyiapkan box stereofoam yang akan digunakan sebagai wadah penyimpanan udang. Jangan lupa juga menyiapkan es balok atau juga mesin pendingin untuk menyimpan udang agar tetap segar.

7. Pemanenan

Setelah masa budidaya yang cukup panjang, maka kita dapat mulai melakukan pemanenan pada umur 6 bulan seperti pada cara budidaya lobster air tawar hias.

Panen dilakukan dengan mengambil udang air tawar dari dalam aquarium dan menempatkannya kedalam box yang sudah disiapkan. Kemudian memisahkan udang sesuai dengan ukurannya dan huga menyortir udang yang tak layak jual. Selanjutnya dilanjutkan dengan proses pengepakan dan dikirim kepada pengepul atau penerima hasil panen.

7 Cara Budidaya Udang Air Tawar Di Aquarium yang pasti menguntungkan. Semoga dapat menjadi referensi dan juga inspirasi bagi anda. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan