Sponsors Link

Cara Memupuk Cengkeh dengan Ajinomoto – Tips Budidaya

Cara Memupuk Cengkeh dengan Ajinomoto - Tips Budidaya Cengkeh adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan dan sangat berguna di Indonesia. Untuk itu, tidak sedikit yang mencoba membuka lahan untuk perkebunan cengkeh ini. Cengkeh akan tumbuh menjadi tanaman pohon yang butuh pupuk agar bisa berbuah dengan lebat.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara memupuk cengkeh dengan ajinomoto agar berbuah lebat. Seperti halnya Cara Memupuk Anggrek dengan Ajinomoto , kita memerlukan pupuk ini agar tanaman tersebut tumbuh subur. Berikut panduan pemupukannya.

1. Perawatan

Tentunya, setelah bibit cengkeh tumbuh, maka hal yang harus dilakukan sebelum cara memupuk cengkeh dengan ajinomoto adalah untuk mengetahui perawatannya. Perawatan tanaman cengkeh ini tergolong intens. Karena, pohon cengkeh yang terawat dengan baik akan menghasilkan bunga yang lebat.

Seperti Manfaat pupuk urea untuk pohon karet, perawatan terbaik akan menghasilkan pohon yang berumur panjang. Pohon cengkeh ini akan menghasilkan buah secara terus menerus jika selalu dirawat dengan baik dan mendapatkan asupan pupuk yang mumpuni.

Perawatan pohon cengkeh ini akan dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika tanman pohon ini masih berumur 1 hingga 5 tahun penanaman. Dan jika tidak dirawat dengan baik, maka hasil panen yang dihasilkan tidak akan optimal.

2. Penyiraman

Jika tidak disiram dengan teratur, maka ini tidak akan menghasilkan pohon yang produktif. Jadi, cara memupouk cengkeh dengan ajinomoto tidak akan terbentuk dengan maksimal.

Tanah penanaman cengkeh harus dalam kondisi yang mengandung cukup air atau dalam keadaan lembab. Seperti yang dibahas di dalam Cara Memupuk Padi dengan Pupuk Kandang, cengkeh harus diberikan air yang cukup terutama ketika musim kemarau sudah datang.

3. Pemupukan

Agar pertumbuhan dari pohon cengkeh ini bisa terjadi secara optimal, maka harus dilakukan pemupukan secara teratur. Pemupukan ini juga dilakukan agar proses munculnya bunga bisa terjadi secara optimal dan lebih cepat.

Untuk menghasilkan buah yang banyak, maka peraturan dalam pemupukan cengkeh bisa mengikuti anjuran berikut ini:

  • Lakukan pemupukan sebanyak sekali dalam waktu 6 bulan.
  • Berikan pupuk yang sesuai agar bisa tumbuh dengan baik. Misalnya saja pupuk organik dan anorganik.
  • Jika menggunakan ajinomoto maka harus dengan dosisi yang tepat.
  • Gali terlebih dahulu tanah yang ada di sekitar area pohon cengkeh dan taburkan ajinomoto dengan dosis yang sesuai kemudian lakukan penutupan kembali area tanah yang etalh dipupuk tersebut.
  • Lakukan pemupukan secara berkala minimal sekali dalam 6 bulan seperti Manfaat Pupuk Urea Untuk Jagung.

4. Dosis Pupuk Ajinomoto

Agar cara pemupukan cengkeh dengan ajinomoto bisa berlangsung dengan baik, maka sesuaikan dengan dosis yang dianjurkan. Untuk pohon cengkeh sendiri dianjurkan pemberian 800 hingga 1000 mL setiap tanaman pohon cengkeh.

5. Atasi Hama dan Penyakit

Pemupukan ini tidak akan berjalan dengan baik seperti halnya Cara Membesarkan Batang Pohon Menggunakan Hormon dan Pupuk. Karena, pohon cengkeh ini termasuk jenis pohon yang mudah terserang penyakit dan hama.

Hingga masalah ini akan merusak akar phon dan membuatnya tidak tumbuh dengan baik dan bahkan mati.  Jadi, sangat diperlukan pengendalian penyakit maupun hama apalagi jika and amelakukan budidaya cengkeh dalam jumlah banyak dan tidak ingin mengalami kerugian.

6. Penyulaman

Penyulaman sendiri merupakan istilah yang digunakan ketika kita menggunakan bibit yang baru untuk menggantikan pohon cengkeh yang sudah mati atau mengalami kerusakan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi masalah kerugian yang akan terjadi jika kerusakan dibiarkan.

Namun, perlu diperhatikan bahwasanya penyulaman dilakukan jika pohon yang rusak digantikan dengan bibit baru unggulan yang sudah memiliki umur yang sama. Dan, jika terlalu tua maka lakukan saja penanaman bibit unggul muda baru lainnya.

7. Penggemburan dan Penyiangan

Untuk bisa menghasilkan pohon cengkeh yang berbuah dengan banyak, maka lakukan pengemburan setelah melakukan pemupukan. Sebaiknya lakukan penggemburan tanah ini dalam sekali per 6 bulan.

Setelah dilakukan penggemburan tanah disekitar pohon cengkeh. Maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah untuk membersihkan tanaman lain atau gulma yang tumbuh disekitaran batang pohon.

Demikianlah pembahasan mengenai cara pemupukan cengkeh menggunakan ajinomoto. semoga informasi ini bisa bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Rempah