Sponsors Link

14 Cara Perawatan Budidaya Burung Hantu Celepuk di Rumah

Sponsors Link

Burung hantu sebenarnya memiliki banyak manfaat, dimana salah satunya adalah membantu petani dalam membasmi hama tikus.

ads

Karena keberhasilan beberapa petani dalam memanfaatkan burung ini, banyak petani lain yang membeli burung hantu untuk menerapkan metode ini.

Burung hantu celepuk merupakan hewan yang gampang stress karena burung ini membutuhkan perawatan yang maksimal. Berikut adalah 14 cara perawatan budidaya burung hantu celepuk di rumah.

1. Hindari Menggunakan Sangkar Kecil

Burung hantu celepuk suka dengan sangkar yang luas sehingga ia dapat bergerak dengan leluasa. Mereka bergerak sesuai dengan mood nya dan jika ia sampai stress, burung tidak akan mau makan. Tenggeran juga bisa diletakkan dalam sangkar, tetapi pastikan kaki mereka diberi tali. Lalu sesekali, biarkan mereka menghirup udara segar di luar kandang. Simak juga cara budidaya burung serindit.

2. Letakkan Kandang di Tempat Teduh

Burung hantu ini merupakan salah satu hewan yang hidup di malam hari, maka akan lebih baik jika mereka di tempatkan di tempat teduh. Pada malam hari, sebaiknya matikan lampu karena sebagai hewan malam, ia memiliki pandangan yang lebih baik di malam hari.

3. Perhatikan Pakan

Burung hantu celepuk yang berusia sekitar 3 bulan, berikan pakan berupa 7 ekor jangkrik dan diberikan sebanyak 2 kali sehari. Pada saat memberikan jangkrik, berikan dengan cara yang sama seperti menyuapi bayi. Sebaiknya untuk menghindari digigit oleh paruh burung yang tajam, gunakan ujung lidi panjang untuk menusuk jangkrik dan berikan langsung kepada burung hantu. Simak juga cara budidaya burung gould amadin.

4. Berinteraksi

Berinteraksi dengan burung hantu peliharaan dapat membuat burung menjadi terbiasa dengan keberadaan anda. Salah satu caranya adalah dengan menatap matanya setiap pagi dan sore hari.

5. Menjalin Keakraban

Burung hantu termasuk hewan yang suka mengikuti gerakan mangsanya dan burug hantu celepuk bisa memutarkan kepalanya hingga 180 derajat. Burung hantu juga terkenal dengan penglihatannya yang tajam sehingga dapat melihat apa yang dihadapannya dengan jelas. Menjalin keakraban dengan burung hantu anda dapat membuatnya terbiasa dengan keberadaan anda. Burung hantu celepuk termasuk salah satu hewan yang setia terhadap pasangannya, penurut, dan mudah diatur. Simak juga cara budidaya burung jalak suren.

6. Menjaga Kebersihan Kandang

Burung hantu celepuk merupakan predator yang tidak memiliki gigi, dimana ia akan mencabik makanannya dengan paruh sehingga berbentuk potongan kecil sebelum akhirnya dimakan. Makanan yang tidak bisa dicerna seperti bulu dan tulang akan dimuntahkan kembali dari mulutnya, maka dari itu kandang burung hantu harus rutin dibersihkan karena adanya sisa-sisa makanan yang ada sebagai salah satu dari 14 cara perawatan budidaya burung hantu celepuk di rumah. Simak juga cara budidaya burung merpati.


7. Menjaga Kebersihan Perlengkapan Kandang

Supaya burung hantu celepuk tidak terkena penyakit karena sisa makanan yang sudah membusuk dan dicampur dengan kotoran, sebaiknya perlengkapan dalam kandang juga harus dibersihkan. Untuk membersihkan kandang, cukup dengan air dan jangan lupa juga untuk mencuci tempat minum serta mengganti air minumnya secara rutin.

8. Memandikan Burung Hantu

Supaya tidak mudah stress, burung hantu celepuk dapat dimandikan. Cara memandikannya juga cukup mudah, yaitu dengan cara menyemprotkan air menggunakan semprotan burung. Memandikan burung hantu cukup dilakukan sebanyak sekali dalam seminggu.

9. Menjinakan Burung Hantu

Salah satu trik utama dalam menjinakkan burung hantu adalah dengan cara membiarkan mereka untuk melihat anda tertidur. Dengan cara ini, burung hantu akan merasa percaya bahwa anda tidak akan menyakiti mereka, sehingga ia pun menjadi jinak dan tidak akan menyerang anda. Simak juga cara budidaya burung parkit.

10. Gunakan Tangan untuk Memberi Makan Burung

Cara lain untuk menjinakan burung hantu celepuk adalah dengan melatih burung hantu untuk memakan jangkrik dari tangan. Pada saat pemberian makanan, sebaiknya tatap mata burung hantu anda dan disarankan untuk ajak ia mengobrol sambil makan supaya ia merasa nyaman dan tidak takut dengan anda.

11. Memberi Nama

Hal lain yang membuat burung hantu merasa akrab adalah dengan pemberian nama kepada burung hantu celepuk. Hal ini sangat dianjurkan karena bisa membuat anda dapat berkomunikasi dan akrab dengan burung perliharaan anda ini. Selain itu, anda juga dapat memanggil ia dengan nama yang telah diberikan dan dapat melatih burung hantu celepuk untuk datang atau mendekati anda ketika dipanggil namanya.

12. Melatih dengan Siulan

Burung hantu celepuk berbeda dengan burung lainnya, dimana ia bisa dilatih dengan menggunakan siulan. Untuk memancingkan datang ke anda, gunakan jangkrik sebagai umpan supaya ia datang. Lakukan hal ini berkali-kali hingga burung hantu celepuk percaya dan merasa aman dengan anda. Simak juga cara budidaya burung nuri bayan.  


13. Perhatikan Gejala Sakit Burung Hantu

Seperti hewan lainnya, burung hantu juga dapat mengidap penyakit. Ada beberapa tanda yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

  • Mata yang tertutupu baik di siang ataupun malam hari. Burung yang sehat akan memiliki sorot mata yang tajam dan lebar. Untuk megobatinya, disarankan untuk memberikan makanan berupa minyak ikan berkualitas baik dan jangkrik setiap harinya.
  • Burung hantu tidak ingin berdiri dan kepalanya tertunduk. Ketika burung hantu anda mengalami gejala ini, perlu diketahui bahwa burung hantu anda sudah terkena penyakit dan dapat berujung pada kematian. Gejala penyakit ini dapat datang secara tiba-tiba, dimana burung hantu bisa muntah secara mendadak, tidak mau makan, kepala tertunduk, berdiri tidak stabil, dan tidak berada pada tenggeran.
  • Badan menggigil atau bergetar. Hal ini menandakan bahwa burung hantu juga sedang sakit. Cara megobatinya dengan menghangatkan tempat burung hantu anda dan berikan sinar matahari sebentar dari jam 6 hingga 7 pagi supaya badannya segar kembali.
  • Mengenali gejala penyakit tetelo atau Newcastle disease. Newscastle disease menyebabkan kejang-kejang karena virus. Untuk menanganinya, berikan vaksi tetes pada burung hantu anda. Sumber penyebarannya bisa melalui udara, minuman, dan pakan burung hantu anda yang kotor dan tercemar.
  • Gejala stress. Ciri-ciri burung hantu mengalami stress adalah burung terlihat murung, mata sering tertutup, dan nafsu makan berkurang atau bahkan tidak mau makan sama-sekali. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan makanan jangkris atau tikus putih yang bersih dan sehat selama 4 hari berturut-turut. Hal lain yang dapat membantu adalah untuk tidak masukkan burung ke dalam sangkar, biarkan saja ia bertengger. Lalu biarkan saja burung hantu untuk menyendiri dalam ruangan dengan beberapa ekor tikus putih berkeliaran untuk memancing sifat predatornya kembali.

14. Moulting

Burung hantu akan mengalami masa moulting atau ganti bulu dan hal ini membutuhkan perawatan khusus. Proses moulting pada burung hantu terjadi setiap 6 bulan sekali dan terjadi selama 10 hari. Pada saat ganti bulu, burung akan merasa tidak nyaman dan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan itu, berikan jangkrik yang diolesi sedikit madu.

Inilah 14 cara perawatan budidaya burung hantu celepuk di rumah, semoga bermanfaat bagi para petani yang memelihara burung ini ataupun bagi orang rumahan yang ingin memelihara burung hantu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan