Sponsors Link

Dosis Pupuk Sawit Umur 8 Tahun – Cara Penggunannya

Tanaman kelapa sawit merupakan tanaman yang banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Selain itu, tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik di lingkungan tropis seperti di Indonesia.

Karena itu, banyak yang tertarik untuk membudidayakan tanaman ini. Supaya tanaman sawit bisa tumbuh sehat dan subur sehingga menghasilkan panen yang bagus dan melimpah, pemupukan tanaman sawit menjadi sangat penting. Cara memupuk sawit di lahan gambut mungkin akan berbeda. Berikut adalah petunjuk mengenai dosis pupuk sawit umur 8 tahun yang bisa Anda perhatikan.

Jenis Pupuk yang Diperlukan oleh Tanaman Sawit

Berikut adalah beberapa jenis kandungan dalam pupuk yang diperlukan oleh tanaman sawit:

  • Unsur nitrogen (N)

Unsur nitrogen dapat membantu pertumbuhan sawit sehingga tanaman yang kekurangan unsur ini akan menjadi kerdil, dan daunnya menguning. Manfaat pupuk urea untuk kelapa sawit juga bisa menjadi penting.

  • Unsur phospor (P)

Unsur ini bermanfaat untuk memperkuat bagian akar, batang tanaman serta meningkatkan kualitas buah kelapa sawit

  • Unsur kalium (K)

Unsur ini sangat mempengaruhi jumlah dan ukuran tandan serta pembentukan minyak sawit

  • Unsur magnesium (Mg)

Unsur magnesium atau dolomit berperan dalam proses fotosintesis. Kekurangan unsur ini dapat menyebabkan ujung daun berwarna kekuningan jika terkena sinar matahari.

  • Unsur tembaga (Cu)

Unsur ini berperan untuk pembentukan klorofil atau zati hijau daun sawit serta membantu mempercepat reaksi fisiologis tanaman. Perhatikan kegunaan pupuk Cu untuk kelapa sawit dan cara menggunakannya

  • Unsur Boron (B)

Unsur ini berperan untuk menyusun gula, karbohidrat, protein, dan perkembangan ujung dan anak daun pada tanaman sawit

  • Unsur Zinc atau Seng (Zn)

Unsur ini berperan dalam enzimatis dan pada pembentukan hormon penting pada tanaman sawit. Kenali manfaat pupuk urea untuk tanaman kelapa sawit berkualitas unggul.

Dosis Pupuk Sawit Umur 8 Tahun

Pemberian dan dosis pupuk untuk kelapa sawit memang bervariasi tergantung pada umur tanaman dan jenis tanah yang digunakan. Berikut adalah contoh pemberian dosis pupuk sawit umur 8 tahun yang bisa Anda perhatikan dan ikuti:

  • Pemberian pupuk urea untuk sawit bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun dengan dosis 2,0 hingga 2,5 kg untuk satu tanaman sawit
  • Pemberian pupuk KCl untuk sawit bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun dengan dosis 2,5 hingga 3,0 kg untuk satu tanaman sawit
  • Pemberian pupuk kiserit untuk sawit bisa dilakukan sebanyak satu kali dalam satu tahun dengan dosis 0,75 hingga 1,0 kg untuk satu tanaman sawit. Jenis lahan untuk menanam kelapa sawit memang perlu diperhatikan
  • Pemberian pupuk borax untuk sawit bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun dengan dosis 0,05 hingga 0,1 kg untuk satu tanaman sawit

Cara pemberian pupuk untuk sawit bisa dilakukan dengan cara menebarkan pupuk secara merata di area piringan dengan jarak 20 cm dari pokok utama tanaman hingga ujung tajuk daun.

Waktu pemberian pupuk untuk sawit sebaiknya dilakukan di awal musim hujan atau sekitar bulan September hingga Oktober. Waktu pemupukan kedua bisa dilakukan di akhir musim hujan atau sekitar bulan Maret hingga April.

Demikian penjelasan mengenai dosis pupuk sawit umur 8 tahun. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda mengenai pupuk untuk tanaman.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik