Sponsors Link

Jenis Padi lokal Unggulan dari Klaten Jawa Tengah dan Tips Menanam

Di berbagai daerah di Indonesia, setidaknya ada banyak sekali jenis padi yang menjadi unggulan dan diminati oleh setiap masyarakat. Bahkan di daerah jawa saja ada beragam jenis padi lokal unggulan hadir dari setiap daerah menghadirkan kualitas sempurna.

Di Jawa Timur, tepatnya di Klaten anda jenis padi lokal unggulan yang tentunya sudah sangat populer seperti halnya Rojo Lele. Ketahui juga oleh anda mengenai Tanaman Cabai Tiba-Tiba Layu untuk langkah pencegahan.

Adapun karakteristik dari padi Lokal unggulan dari Klaten seperti dengan Rojo Lele anda bisa mengetahui ulasannya sebagai berikut.

Ciri Khas dari Jenis Rojo Lele

Salah satu jenis padi yang sangat berkualitas dan sudah sangat terkenal adalah rojolele, bahkan saking berkualitas nya dan sudah menjadi beras, jenis rojo lele memiliki harga yang terbilang cukup tinggi. Rasanya enak dan juga pulen, menjadikan setiap kalangan masyarakat menjadikan beras rojo lele tepat untuk acara resmi dan jamuan keluarga.

Untuk itu rojo lele sangat sulit di temukan secara bebas dipasaran karena rasa khas dan juga kenikmatan dari beras rojo lele menjadi incaran banyak kalangan atas. Ketahui juga cara Infus Tanaman dari Botol Bekas apabila anda hendak mengatur penyiraman air secara berskala

Kenikmatan rasa yang dihadirkan dari jenis beras rojolele tentu saja berasal dari sebuah teknik penanam yang optimal. Maka tak heran harga tinggi yang ditawarkan dari jenis beras rojolele dikarenakan kualitas dari berasnya sendiri yang menghasilkan wangi dan juga rasa yang enak.

Dengan demikian menjadi sebuah hal yang wajar bila jenis beras dari rojolele sulit untuk ditemukan terlebih lagi di daerah lain. Dengan demikian maka sangat wajar juga jika benihnya sendiri pastinya sudah memiliki harga yang cukup tinggi, Terlebih lagi jenis padi lokal rojolele sangat tangguh dari serangan hama, seperti wereng coklat

Bentuk fisik Padi Rojolele

Padi jenis rojolele menjadi padi lokal unggulan dari Klaten Jawa Timur, padi ini sendiri memiliki karakteristik dengan memiliki tinggi mencapai 146 – 155 cm. dengan bentuk fisik yang tinggi, menjadikan usia dari jenis padi ini terkesan memiliki usianya lama.

Ada baiknya bila anda mencoba menanam Jenis Tanaman Akuarium bila memiliki akuarium di rumah.

Apabila anda melihat bentuk padinya maka terlihat tegak dengan posisi daun dan juga daun bendera yang tampak terkulai. Selain itu gabah yang dihasilkan dari jenis padi rojolele tampak bulat dengan dominan warna kuning. Semakin lama ditanam maka potensi hasil panen bisa kurang maksimal secara umumnya hanya mampu mencapai 4,2 ton untuk setiap hektare.

Ketahanan Padi Jenis Rojolele

Selain keunggulan dari segi rasa yang diciptakan dari jenis rojolele, padi jenis ini juga bisa menjadi alternatif bagi anda yang hendak menanam jenis ini karena mampu menghasilkan padi yang lebih berisi. Padi jenis rojolele juga mampu menghadirkan ketangguhan yang membuat anda tenang karena tahan terhadap wereng coklat.

Hal tersebut jelas menjadi sebuah keuntungan besar bagi petani yang hendak bercocok tanam, karena tentunya gangguan dari wereng coklat merupakan ancaman serius yang bisa membuat petani gagal panen. Ketahui juga oleh anda beberapa alasan yang membuat Kenapa Tanaman Layu, supaya penanaman anda bisa maksimal

Padi rojolele sendiri memiliki bentuk yang lebih tinggi dari kebanyakan jenis padi lainnya, hal ini jelas menjadi sebuah indikasi jika padi rojolele bisa menghasilkan lebih banyak bulir padi. Apabila dilihat secara fisik, butiran beras jenis rojolele terbilang cukup besar karena dari 1000 butir beras saja bisa mencapai mencapai berat sekitar 32 gram.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa setiap butir dari jenis rojolele terbilang memiliki sebuah ukuran yang cukup besar bila dibandingkan dengan jenis beras lain.

Ketahui juga oleh anda berbagai Tanaman Aquarium Tanpa co2 yang sangat cocok untuk ditanam bila anda memiliki akuarium.

Hal tersebut jelas mengisyaratkan bahwa ada banyak kandungan besar dari setiap butiran bulir padi yang dihasilkan, terlebih lagi padi dari jenis rojolele memiliki umur panjang dan juga sangat tinggi bila dibandingkan dengan jenis dari varietas padi di daerah lain.

Ketahui juga oleh anda  jenis Tanaman Hidup untuk Aquarium bila anda memiliki akuarium.

Jenis Rojolele Sulit Didaptakan

Meskipun terkesan memiliki rasa yang enak dengan menghasilkan sebuah bulir padi yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis padi lain. Jenis padi rojolele terbilang sulit didapatkan karena jenis ini sendiri pastinya merupakan produk unggulan di Jawa Timur yang sangat efektif bila ditanam di daerah Klaten.

Maka dari hal tersebut bisa disimpulkan bahwa produksi dari jenis padi ini akan lebih berkualitas bila ditanam di daerah asalnya. Ketahui juga oleh anda Cara Stek Bunga Mawar bila anda hendak menanam bunga mawar.

Selain itu juga Jenis padi rojolele bisa saja menghasilkan bulir padi yang berbeda bila ditanam di daerah lain, hal ini bisa disebabkan dari struktur tanah yang bisa jelas berbeda ditambah dengan faktor iklim yang jelas bisa mempengaruhi pertumbuhan jenis rojolele bila ditanam di daerah lain.

Oleh sebab itu, maka jenis padi rojolele sulit didapatkan dipasaran secara luas dan jika pun ada maka harga yang dihadirkan pastinya sangat mahal dikarenakan padi yang diproduksi juga terbatas.

,
Oleh :
Kategori : Tanaman