Home » Tanaman » Kenapa Pohon Kelapa Bisa Tumbuh di Pantai?

Kenapa Pohon Kelapa Bisa Tumbuh di Pantai?

Pohon kelapa dikenal sebagai pohon yang memiliki banyak manfaat. Pohon ini sering dijumpai tumbuh di pantai. Pada pembahasan ini akan dibahas mengenai kenapa pohon kelapa bisa tumbuh di pantai.

Kenapa Pohon Kelapa Bisa Tumbuh di Pantai

Terdapat beberapa alasan kenapa pohon kelapa bisa tumbuh di pantai, diantaranya yakni:

  • Perakaran pohon kelapa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kealapa memiliki akar serabut yang tebal dan berkayu. Akar pohon kelapa berkerumun dan membentuk bonggol, sehingga adaptif pada lahan berpasir pantai.

  • Memerlukan sinar matahari yang berlimpah

Pohon kelapa membutuhkan sinar matahari yang berlimpah, sehingga dapat tumbuh dengan baik di pantai-pantai yang mendapatkan sinar matahari langsung.

Namun, juga dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah yakni mulai dari garis pantai sampai 600 meter di atas permukaan laut. Selain itu, pohon ini masih juga dapat tumbuh di dataran tinggi sejuk, tetapi pertumbuhannya tidak sebaik apabila tumbuh di dataran rendah yang hangat.

  • Tahan terhadap terjangan badai

Hembusan angin yang kuat di pantai tidak menyebabkan tumbangnya pohon kelapa. Pohon ini mempunyai daya tahan yang luar biasa saat terjadi cuaca buruk.

Seorang ahli geokimia menyatakan bahwa pohon kelapa berbeda dengan jenis pohon besar lain yang berkayu. Hal tersebut menyebabkan pohon ini tahan terhadap terjangan badai. Terdapat serentetan jaringan spons yang tersebar bukan diatur.

Pada umumnya pohon berkayu mempunyai pola lingkaran saat tumbuh besar setiap tahunnya. Hal ini tidak berlaku untuk pohon kelapa. Beberapa sel-sel dari pohon kelapa mudah dibentuk dan lainnya dengan mudah bisa dilipat lagi ke posisi semula. Struktur yang unik tersebut menyebabkan pohon kelapa tumbuh subur di daerah tropis yang hangat dan berangin.

Tips Menanam Pohon Kelapa

Anda perlu memahami beberapa tips menanam pohon kelapa agar cara menanam pohon kelapa yang diterapkan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tips menanam pohon kelapa tersebut diantaranya adalah:

  • Memilih benih kelapa yang unggul

Pilihlah benih dari pohon yang baik, yakni benih yang berasal dari tanaman pohon induk yang sudah memasuki umur 20 – 40 an tahun lamanya. Pilih juga pohon induk yang memiliki tingkat produksi mencapi 80 – 120 buah per pohon per tahun.

  • Perhatikan syarat tumbuh pohon kelapa

Syarat tumbuh pohon kelapa diantaranya adalah:

  • Penyinaran sinar matahari sekitar 120 jam/bulan.
  • Curah hujan yang dibutuhkan sekitar 1300 – 2300 mm/tahun
  • Suhu udara sekitar 20 – 27 derajat Celcius.
  • Tingkat kelembaban yang dibutuhkan secara rata-rat per bulan sekitar 70 – 80 persen.

Pahami juga manfaat pohon kelapa misalnya manfaat media tanam hidroponik dengan sabut kelapa, cara membuat sabut kelapa sebagai pupuk organik cair, dan cara membuat pot bunga anggrek dari sabut kelapa.

  • Perawatan yang tepat

Lakukan penyiraman saat memasuki bulan kemarau atau saat jarang hujan turun. Penyiraman sebaiknya dilakukan sekitar tiga hari sekali pada sore hari. Lakukan pemupukan saat tanaman sudah kekurangan nutrisi.

Penyiangan dilakukan selama 4 minggu sekali pada musim penghujan dan 6 minggu hingga 2 bulan saat musim kemarau. Segera gantu tanaman yang memiliki pertumbuhan tidak normal dengan bibit lainnya. Lakukan perampalan dengan membuang daun yang sudah coklat dan mengering.

Baca juga cara membasmi kumbang kelapa dan cara membuat pupuk cair dari air kelapa.

Inilah penjelasan kenapa pohon kelapa bisa tumbuh di pantai. Pahami juga alasan kenapa pohon pisang hanya tumbuh sekali dan kenapa pohon jati menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Semoga bermanfaat.

You may also like