Sponsors Link

Mengapa Tanaman Kacang dapat Menyuburkan Tanah Secara Langsung?

Sponsors Link

Kacang tanah adalah tanaman yang sangat digemari di Indonesia dan tanaman ini memiliki banyak nama sebutan, karena di berbagai daerah nama kacang tanah berbeda seperti kacang jebrol, suuk, kacang tuban, kacang bandung dan kacang banggala.

ads

Kacang tanah merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh secara subur di Indonesia, karena Indonesia memiliki tingkat kesuburan tanah yang tinggi. Selain enak untuk dikonsumsi tanaman ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Kacang tanah juga dapat membuat kondisi tanah menjadi subur dan hal ini disebabkan karena kacang tanah dapat melakukan simbiosis menggunakan sel tumbuhan temapat terhadap sebuah rhizobium, hasil dari simbiosis yang dihasilkan adalah sebuah nodul dan nodul yang dihasilkan akan memproses kandungan nitrogen secara bebas dari sebuah atmosfer menjadi sebuah bentuk yang nantinya dapat digunakan.

Nantinya kacang tanah akan memberikan timbal balik dengan memberikan asupan makanan bagi bakteri dengan protein, gula serta oksigen. Saat nodul pada akar melakukan proses pemberian nitrogen bebas dari sebuah atmosfer dan kandungan nitrogen dalam suatu tanahpun akan meningkat dengan sendirinya. Tanah yang banyak mangandung nitrogen akan memiliki banyak kandungan humus yang nantinya akan membuat kondisi tanah menjadi tanah yang subur. Dengan penjelasan diatas maka tak heran bahwa tanah yang ditanami kacang tanah akan menjadi tanah yang subur.

Untuk membuat panen kacang tanah menjadi berlimpah, ada banyak cara yang sering dilakukan para petani dan salah satu cara yang kini sering dilakukan adalah dengan menggunakan pupuk urea. Namun penggunaan pupuk urea tidak dianjurkan pada saat kita menanam kacang tanah, hal ini disebabkan karena pupuk urea mengandung unsur nitrogen yang banyak, pada bagian akar kacang tanah memiliki bintil kecil yang fungsinya untuk mengikat sebuah nitrogen dari udara dan salah satu kegunaan penting dari nitrogen yaitu untuk membantu proses pertumbuhan daun.

Jadi saat menanam kacang tanah dan menggunakan pupuk urea, secara daunnya akan sangat subur tapi secara buahnya akan sedikit. Tanah yang awalnya ditanami kacang tanah akan menjadi sebuah tanah yang subur dan tanah yang subur nantinya akan bisa memperkecil penggunaan pupuk urea. Mungkin anda juga butuh informasi tentang

Banyak petani yang melakukan budidaya terhadap kacang tanah, hal ini disebabkan karena permintaan pasar yang sangat banyak dan ada banyak kriteria tanah yang sangat baik jika ditanami kacang tanah seperti kondisi tanah yang lempung berpasir, lempung liat berpasir dan liat berpasir. Kondisi tanah yang memiliki tingkat kelembaban udara juga sangat penting saat akan menanam kacang tanah. Mungkin anda juga butuh informasi tentang Cara Menanam Kacang Tanah

Berikut ini adalah tahap penanaman kacang tanah yang baik dan benar:

Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk membuat kacang tanah menjadi subur dan hasil panennya berlimpah.

  1. Lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam kacang tanah haruslah dipersiapkan secara baik dan lahannya haruslah bajak atau dicangkul agar membuat kondisi tanah menjadi gembur dan gulma yang ada akan hilang. Kondisi tanah yang gembur ini penting untuk pertumbuhan kacang tanah, karena kalo tidak gembur kacang tanah tak akan tumbuh subur. 

Sponsors Link

Kemudian buatlah sebuah bedengan dengan ukuran sekitar 80 cm serta tinggi 20-30 cm dan disekitar lahan yang dibuat bedengan buatlah sebuah parit. Semakin baik sebuah lahan dipersiapkan, maka akan semakin berdampak pada banyaknya hasil panen yang diperoleh. Sebuah lahan yang tidak dibersihkan terlebih dahulu dan disekitarnya terdapat banyak gulma tentu kondisi lahan tersebut tidaklah baik jika ditanami dengan kacang. Mungkin anda juga butuh informasi tentang Jenis Lahan Budidaya Tanaman Kacang Tanah

  1. Benih

Persiapkanlah sebuah benih kacang tanah yang akan digunakan dengan baik, karena benih kacang tanah berasal dari kacang tanah yang disimpan secara lama dan semakin lama kacang tanah disimpan, maka akan semakin baik pula jika digunakan sebagai benih. Selama proses penyimpanan janganlah mengupas kulit kacang tanah dan kupaslah kacang tanah yang disimpan pada saat akan ditanam ke sebuah lahan yang telah dipersiapkan.

Ada beberapa jenis kacang tanah yang sangat dianjurkan untuk ditanam seperti jenis Rusa, Domba, Gajah, Kelinci, Tapir, Zebra, Kijang, Anoa, Pelanduk dan Kancil. Janganlah pergunakan benih dadakan atau benih yang tidak disimpan terlebih dahulu, karena hal ini akan menyebabkan benih tidak akan berkembang bahkan benih akan cenderung untuk mati. Mungkin anda juga butuh informasi tentang Cara Tumpang Sari Kacang Hijau dan Jagung

Sponsors Link

  1. Penanaman

Saat proses penanaman maka gunakanlah sebuah tugal yang dalamnya sekitar 3 cm dan masukanlah 2 butir biji kacang tanah pada setiap lubangnya. Setelah selesai memasukan biji ke dalam sebuah tugal maka tutuplah tanah tugal dengan rata menggunakan tanah yang lembut.

Ada beberapa kriteria pembuatan tugal sesuai dengan kesuburan tanah dan semakin subur keadaan tanah maka semakin renggang pula pembuatan tugalnya dan semakin tidak subur kondisi tanah maka semakin rapat juga pembuatan tugalnya. Mungkin anda juga butuh informasi tentang Jenis Lahan Budidaya Tanaman Kacang Tanah

  1. Pemupukan

Penggunaan pupuk ini sangatlah penting karena dapat membantu proses kesuburan tanaman kacang tanah dan pupuk yang umumnya digunakan pada kacang tanah adalah pupuk yang memiliki kandungan nitrogen, fosfat dan kalium.

Tanpa pupukpun kacang tanah akan tumbuh namun belum tentu subur dan penggunaan pupuk yang baik bukanlah dari segi banyaknya tapi dari segi jeda penggunaan pupuknya yang harus tepat, seperti saat masa pertumbuhan kacang sekitar usia tanam 6-7 hari yang sangat diperlukan pupuk. Mungkin anda juga butuh informasi tentang Cara Menanam Kacang Panjang

Itulah ulasan lengkap mengenai mengapa tanaman kacang dapat menyuburkan tanah. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat mengenai informasi penting tentang tanaman dan artikel ini dapat dijadikan referensi terbaik untuk menambah pengetahuan mengenai bidang pertanian.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tanaman