Sponsors Link

3 Jenis Tanah Cocok untuk Menanam Tembakau

Sponsors Link

Apa yang anda fikirkan jika kita membahas tembakau kali ini? Karena di dalam artikel ini sesuai dengan judulnya kita akan mebahas tentang jenis tanah cocok untuk menanam tembakau. Ada banyak jenis tanah yang bisa di temukan di dunia loh. Jenis tanah apa saja yang anda ketahui?

ads

Kembali ke jenis tanah cocok untuk menanam tembakau tersebut, sebelum kita mempelajarinya, tahukah anda apa itu tembakau? Mungkin sebagian orang hanya mengenal tembakau sebagai bahan dasar pembuat rokok. Namun jangan berburuk sangka dulu, tembakau juga bisa menjadi tanaman obat loh.

Untuk masalah jenis tanah cocok untuk menanam tembakau tersebut sebenarnya terdiri dari 3 jenis tanah, yaitu tanah allivial, regosol dan andosol. Dimana akan kita bahas satu persatu di bawah ini:

1. Tanah Alluvial

Ini adalah salah satu tanah yang memiliki derajat keasaman atau pH yang lumayan rendah, C atau N yang berfariasi, kejenuhan basa yang juga rendah. Namun, walaupun ini merupakan salah satu jenis tanah yang memiliki struktur jelek, namun ini adalah jenis tanah yang bagus untuk menanam tembakau. Karena tembakau menyukai tanah yang mudah terurai.

Jenis tanah ini adalah tanah yang kerap digunakan sebagai lahan untuk persawahan dimana petani akan menanam padi, nanas dan tanaman palawija. Tanah alluvial ini harus segera digenangi oleh air agar bisa mengurangi tingkatan pH nya yang rendah tersebut. Hanya saja jika tetap dibiarkan kering maka pH yang dimiliki akan tetap menjadi rendah namun kaya akan kandungan unsur hara.

2. Tanah Regosol

Salah satu jenis tanah yang direkomendasikan dan baik untuk pertumbuhan beragam jenis tanaman adalah tanah regosol. Seperti jenis lahan budidaya tanaman kacang tanah, tanah regosol adalah tanah yang awalnya berasal dari bahan atau material yang melapuk berasal dari aktivitas gunung merapi atau letusan dari gunung merapi tersebut. Hal ini mencangkup pasir, lahar, lapili dan debu.

Tembakau atau tanaman lain yang tidak terlalu banyak memerlukan air akan sangat bagus ditanam di jenis lahan ini. Tanah ini memiliki derajat keasaman atau pH 6 hingga 7. Ini merupakan tanah yang sulit menampung air, jadi tanaman yang membutuhkan banyak air tidak akan bisa hidup dengan subur disini.

3. Tanah Andosol

Tanah andosol ini juga salah satu jenis tanah yang pembentukannya sangat dipengaruhi oleh beragam aktivitas gunung berapi, tidak jauh berbeda dengan tanah regosol di atas. Seperti cara menanam jahe merah di tanah, tembakau juga memerlukan beberapa syarat penanaman agar bisa berkembang dengan baik, dan salah satunya adalah dengan ditanam di tanah andosol ini.

Jika anda ingin menemukan tanah ini, maka anda bisa menyelusuri lereng-lereng gunung berapi dan disni akan banyak anda temukan jenis tanah ini. Karena itulah anda tidak akan menemukan jenis tanah ini di dataran rendah. Tanah ini tersebar cukup luas di sumatra, bali, jawa, minahasa dan lombok.  Selain tembakau, jenis tanaman yang cocok ditanam pada tanah ini adalah rumput, hutan hujan tropis dan bambu.  


Yang Perlu Diperhatikan saat Menanam Tembakau Sebagai Tanaman Obat 

Nah demikianlah 3 jenis tanah yang paling bagus untuk menanam tembakau. Selain menentukan jenis tanah, hal penting lain yang harus diketahui dalam bertanam tembakau adalah :

1. Kondisi Lingkungan

Tembakau memang menuntut kondisi lingkungan tertentu untuk bisa ditumbuhkan, seperti ia akan tumbuh di ketinggian dari 200 hingga 3000 meter. Tembakau bisa di budidayakan di dataran rendah maupun di daerah pegunungan seperti cara menanam kelor.

2. Iklim dan Cuaca

Karena tanaman ini tidak terlalu mebutuhkan air maka sangat cocok di tanam di daerah beriklim hangat dan kering dengan rata-rata curah hujan 1500 hingga 2000 mm per tahunnya. Tembakau tidak menyukai air dan hujan yang berlebihan  maka suhu paling ideal untuk penanaman tembakau adalah 21 hingga 32 derajat C.  


3. Jenis Tanah

Walaupun tembakau pada umumnya tetap bisa di tanam di beragam jenis tanah, namun tana yang mudah terkuras seperti 3 jenis tanah yang telah kita bahas di atas aadalah jenis tanah yang paling bagus untuk pertumbuhan dari tembakau tersebut. pH dari tanah yang baik untuk penanaman tembakau adalah 5 hingga 6, tidak terlalu asam dan tidak terlalu basa.

4. Waktu Tanam

Ini merupakan tanaman yang unik, berasal dari daerah San Salvador, tembakau sangat bagus dan akan tumbuh dnegan optimal jika di tanam di musim kering atau ketika kemarau dan musim panas. Karena memang sifanya yang tidak memerlukan banyak air seperti yang kita uraikan diatas.

Semakin sedikit air yang di tampung di permukaan tanah maka semakin bagus kualitas dari tembakau tersebut. Maka orang biasnaya akan menanamnya di puncak musim kemarau biasanya di bulan agustus dan akhir musim hujan di bulan maret hingga april.

Baca juga:

Masa tanamnya adalah 100 hari, bagus ditanam di 200 hingga 3.000 mdpl. pH tanah yang terbaik untuk kemaksimalan penanaman ini adalah pH 5-6. Dan akan lebih baik di tanam di tanah yang tidak terlalu padat dan tidak menyimpan banyak air. Semua syarat-syarat penanaman yang baik telah kita uraikan di atas. berupa ketentuan umum untuk memaksimalkan panena dari tembakau nantinya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik