Sponsors Link

8 Cara Menanam Coklat (Panduan Lengkap)

Sponsors Link

Coklat merupakan jenis makanan olahan yang sangat digemari banyak orang karena rasanya yang sangat lezat. Berbagai macam makanan olahan pun banyak menggunakan coklat sebagai bahan campurannya. Mulai dari anak- anak bahkan lansia sangat menyukai coklat, dan hampir semua makanan yang mereka konsumsi kebanyakan memiliki kandungan coklat.

ads

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut sedikit informasi mengenai coklat. Coklat merupakan makanan yang berasal dari biji buah kakao yang diproses sedemikian rupa hingga menjadi bahan olahan yang lezat.

Tanaman kakao sendiri memiliki nama latin Theobroma cacao L, merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan yang berasal dari Amerika selatan yang kemudian tersebar di beberapa Negara tropis salah satunya di Indonesia. Karena termasuk tumbuhan perkebunan, maka kakao memiliki waktu panen yang musiman seperti tumbuhan perkebunan lainnya, kako dapat dipanen dalam waktu tahunan. Selain sangat banyak peminatnya, biji kakao yang dijadikan bahan olahan coklat sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Baca juga :

Kandungan Gizi Biji Kakao (Coklat )

  • Kalori
  • Lemak
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin A, D, B12
  • Glukosa

Banyaknya kandungan gizi pada coklat membuat semakin banyak orang yang mengkonsumsinya. Selain bermanfaat sebagai penambah nutrisi ataupun kesehatan tubuh seperti menjaga kandungan gula darah, membantu proses diet, meningkatkan daya kerja otak, coklat juga banyak sekali dimanfaatkan sebagai bahan campuran perawatan tubuh.

Seperti yang kita ketahui banyak sekali industry basar hingga rumahan yang membuat berbagai produk kecantikan berbahan dasar coklat, seperti lulur coklat, hand and body lotion coklat, masker coklat dan masih banyak lagi. Ini karena dengan kandungan yang terdapat pada coklat, mampu memperindah kulit, membuat kulit menjadi kencang, awet muda bahkan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit.

Namun karena harga coklat yang mahal, beberapa orang memilih untuk membatasi jumlah konsumsinya terhadap coklat. Namun anda tidak perlu khawatir karena anda dapat menanam tumbuhan coklat sendiri sehingga anda dapat membuat coklat buatan anda sendiri. Berikut adalah cara menanam coklat:

Baca juga :

  1. Pemilihan Bibit/ biji Coklat

Cara pertama yang harus anda lakukan sebelum menanam tanaman coklat adalah memilih bibit coklat. Bibit coklat yang dipilih adalah bibit unggul yang berkualitas baik serta layak tanam, pastikan anda memilih bibit dengan cermat dan teliti agar bibit yang tumbuh menghasilkan buah yang berkualitas nantinya.

Untuk mendapatkan bibit coklat atau biji coklat tanam, anda dapat mengambilnya langsung dari buah coklat yang sudah tua atau lebih baik lagi jika anda membelinya pada petani coklat yang memiliki pengalaman baik dalam bidang menanam coklat karena agak susah untuk mendapatkan biji coklat di pasaran. Adapun ciri- ciri biji coklat berkualitas baik dan layak tanam :

  • Biji terlihat segar dengan warna putih agak kekuningan
  • Bila direndam di dalam air tidak mengapung
  • Bila diambil dari buah, buah serta bijinya utuh tidak dimakan serangga ataupun hama lainnya
  • Tidak ada warna atau bintik hitam pada biji
  • Permukaan biji halus dan bentuknya bulat sedikit kotak

Baca Juga:

Sponsors Link

  1. Penyemaian Biji Coklat

Langkah selanjutnya ketika anda sudah memilih biji coklat berkualitas dan layak tanam, anda harus melakukan penyemaian terlebih dahulu. Penyemaian pada biji coklat sama seperti penyemaian biji pada umumnya, namun sebelumnya anda harus menyiapkan media penyemaian terlebih dahulu yaitu polybag berukuran kecil, tanah serta pupuk dan air. Berikut adalah langkah penyemaian biji coklat :

  • Siapkan campuran tanah, sekam, dan pupuk organik seperti pupuk kandang ataupun kompos dan campuran ini haruslah rata dengan perbandingan 2:1:2.
  • Setelah campuran tanah siap, masukkanlah ke dalam polybag kecil sebanyak tiga per empat bagian saja.
  • Buatlah lubang kecil disetiap polibag menggunakan telunjuk jari anda seukuran biji coklat yang ditanam.
  • Masukkanlah biji coklat tersebut ke dalam lubang tesebut dan tekanlah dengan lembut, lalu tutuplah dengan campuran tanah hingga agak penuh dan biji coklat tertutupi dengan baik.
  • Usahakan untuk satu polybag berisi satu biji coklat agar pertumbuhan tunas tidak terganggu dan dapat tumbuh dengan baik.
  • Siramlah menggunakan semprotan dengan sedikit air hingga kondisi air lemabab dansiramlah secara rutin sebanyak dua kali sehari setiap pagi dan sore. Biarkan hingga tunas tumbuh dan bibit berusia 4 hingga 6 bulan.

Baca juga :

  1. Lahan Tanam Coklat

Perhatikanlah lingkungan anda sekitar terlebih dahulu, tanaman coklat dapat tumbuh hingga setinggi 5 hingga 10 meter, untuk itu anda membutuhkan lahan yang agak luas atau jika anda ingin menanamnya dalam pot anda harus menyediakan pot berukuran besar. Anda bisa menanam coklat di pekarangan ataupun halamn rumah dengan tanah yang cukup luas dan pastikan ada sedikit naungan ataupun pohon dan keadaan yang agak rindang untuk menanam. Adapun kriteria lahan tanam yang tepat untuk menanam coklat :

  • Tanah lahan haruslah gembur dan memiliki unsur hara banyak serta mengandung sedikit tanah liat lempung. Jika tanah agak keras maka anda dapat menggemburkannya menggunakan cangkul ataupun sekop.
  • Dan perhatikanlah kesuburan tanah, apabila tanah terlihat kering dan kurang subur, maka anda diharuskan mencampur tanah dengan pupuk dan air hingga tanah memiliki tekstur yang gembur dan subur. Pupuk yang digunakan pun disarankan anda memilih pupuk organik seperti kompos ataupun pupuk kandang.
  • Dengan menggunakan pupuk organik maka, tanah pada lahan anda tidak akan mengalami kerusakan ataupun perubahan tekstur.
  • Sebelumnya anda juga harus memastikan bahwa lahan tanam bersih dari rumput liar ataupun gula agar tanaman coklat dapat tumbuh subur nantinya.

Baca juga :

ads
  1. Penanaman Bibit Coklat

Setelah lahan tanam siap dan bibit sudah mencapai umur 4 hingga 6 bulan, 8 cara menanam dan merawat pohon coklat berikutnya yaitu waktunya untuk menanam sudah dapat dilakukan. Untuk menanam coklat sendiri ada dua cara yaitu cara menanam di lahan dan cara menanam di pot. Media tanamnya sendiri sama yaitu tanah yang subur dan sudah dicampur pupuk ataupun sekam. Berikut cara menanam coklat :

  • Sebelumnya perhatikan bibit siap tanam yang memiliki kualitas baik serta layak tanam dengan daun tanaman berwarnna hijau dan hijau muda pada daun mudanya serta kondisi batang yang kokoh .
  • Untuk menanam di pot, sediakanlah pot dengan ukuran yang besar dan masukkanlah tanah campuran pupuk dan sekam ke dalamnya hingga mencapai setengah bagian.
  • Setelah itu buatlah lubang seukuran dengan polybag pada bibit coklat dan masukkanlah bibit bersamaan dengan polibagnya.
  • Secara perlahan satlah polybag hingga benar- benar robek dan lepashan bibit bersamaan dengan tanah media semai secara perlahan lalu buanglah polybagnya dan timbuh sengan tanah hingga agak penuh dan padatkan. Lalu siramlah hingga kondisi tanah lembab.
  • Untuk menanam di lahan tanam seperti pekarangan ataupun halaman, anda hanya perlu membuat lubang pada tanah lahan tanam.
  • Sama seperti menanam dalam pot, setelah lubang dibuat, anda hanya perlu memasukkan bibit dengan cara yang sama.
  • Perobekan polybag di dalam lubang tanam serta menanamnya bersama media semai bertujuan agar tanaman coklat mampu beradaptasi dengan baik dan tidak stress. Ini dikarenakan berbeda dengan tanaman lain, tanaman coklat mudah stress.
  • Apabila cara penanamannya salah walaupun pembibitan dilakukan dengan benar dan berhasil. Ini tidak dapat menjamin kesuburan serta ketahanan tanaman coklat, jadi pastikan anda melakukan langkah ini dengan baik dan benar.

Baca juga :

  1. Perawatan Tanaman Coklat

Setelah anda tahu cara menanam coklat di halaman ataupun dalam pot, anda tentunya harus merawatnya agar tanaman dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah coklat dengan kualitas baik dan melimpah. Perawatan pada tanaman coklat cukup mudah, sama halnya ketika anda menanam pohon lainnya seperti pohon mangga, rambutan, kelengkeng dan masih banyak lagi.

Perawatann yang dilakukan pun tidak membuat anda rugi ataupun mengeluarkan biaya banyak. Anda cukup menyiram, melakukan penyiangan serta pemupukan pada tanaman coklat anda. Untuk lebih jelasnya agar anda dapat merawat tanaman coklat dengan benar sehingga sukses dalam menanam coklat, penjelasan akan diberikan pada langkah berikutnya.

Baca juga :

  1. Penyiraman Tanaman Coklat

Untuk penyiraman pada tanaman coklat sangatlah sederhana, anda dapat meyiramnya sebanyak 1 hingga 2 kali setiap harinya. Waktu yang baik untuk menyiram tanaman coklat yang baik yaitu pada pagi dan sore hari. Sebelumnya anda juga bisa menyesuakan penyiraman dengan kondisi musim dan keadaan tanah. Berikut merupakan tips dalam menyiram tanaman coklat and :

  • Jika saat anda menanam merupakan musim hujan dengan curah hujan tinggi, maka anda tidak usah menyiram tanaman coklat namun bila saat itu curah hujan rendah ataupun sedang, anda bisa menyiram tanaman sehari sekali ketika kondisi tanah mengering.
  • Dan apabila saat anda menanam merupakan musim kemarau ataupun kering, maka anda dapat menyiram tanaman coklat sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Dalam menyiram tanaman coklat, anda hanya perlu memastikan bahwa tanaman coklat mendapatkan air yang cukup setiap harinya.
  • Dengan metode cara penyiraman yang baik maka panen buah coklat anda akan melimpah nantinya.

Baca juga :

  1. Penyiangan Serta Pemupukan Tanaman Coklat

Penyiangan pada tanaman coklat dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali. Tentusaja penyiangan pada tanaman coklat yang ditanam di pekarang berbeda dengan tanaman coklat yang ditanam di dalam pot. Jika tanaman ditanam di dalam pot, anda tidak perlu melakukannya repot- repot cukup perhatikan saja potnya jika ada tanaman lain yang tumbuh maka anda tinggal mencabutnya begitu saja. Berbeda dengan tanaman yang ada dipekarangan yaitu:

  • Untuk tanaman di pekarangan maka anda juga perlu memperhatikan tanah disekitar lahan.
  • Cabutlah semua gulma yang tumbuh disekitar pohon hingga disekitar lahan tanam sejauh 1 meter dari tumbuhnya pohon.
  • Sembari anda melakukan penyiangan anda bisa menambahkan sedikit pupuk ke dalam tanah lahan tanam dan sedikit mneggemburkan tanah bagian atas tanaman.
  • Pupuk yang digunakan sebaiknya jenis pupuk organik seperti kandang ataupun kompos.

Baca juga :

Sponsors Link

  1. Panen Coklat

Cara memanen buah coklat terbilang mudah yaitu :

  • Anda bisa memetiknya menggunakan pisau ataupun gunting tanaman.
  • Pastikan bahwa buah coklat benar- benar siap panen dengan ciri buah berwarna orange dan tangkai berwarna coklat.
  • Untuk varietas coklat merah, buah yang matang akan berwarna merah kecoklatan dengan tangkai berwarna kecoklatan.
  • Buah coklat bisa dimakan dengan rasa manis dan agak asam, sedangkan bijinya diolah menjadi coklat.

Baca juga :

Berikut ini cuplikan lengkap cara menanam coklat yang baik dan benar:

Itulah cara menanam dan merawat pohon coklat dengan mudah dan praktis, selamat bercocok tanam!

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Buah Buahan